Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Alergi Obat

Alergi Obat
Alergi obat merupakan reaksi alergi dimana sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan (abnormal) terhadap obat-obatan tertentu yang di konsumsi oleh seseorang. Beberapa jenis obat termasuk obat yang dijual bebas ataupun resep dokter bisa berpotensi menimbulkan alergi terhadap orang yang sensitif terhadap obat tersebut.

Berikut ini adalah beberapa obat yang dapat berpotensi menimbulkan alergi :
  • Antibiotik,- sering disebabkan penisilin dan antibiotik yang mengandung sulfonamid (Alergi sulfa). Namun antibiotik juga dapat menimbulkan reaksi nonallergic seperti mual dan diare.
  • Vaksin,- dalam kasus tertentu, reaksi alergi dapat disebabkan oleh vaksin dan terjadi setelah vaksinasi, tetap yang paling sering karena dipicu oleh bahan-bahan lain dalam vaksin seperti telur atau neomycin. Reaksi nonallergic terhadap vaksin, seperti kemerahan dan gatal-gatal, tetapi biasanya tidak parah dan gejala membaik dengan cepat.
  • Reaksi obat nonallergic - apa yang tampaknya menjadi alergi obat sebenarnya adalah reaksi yang tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun mungkin tampak seperti alergi, reaksi obat dapat merupakan efek samping obat atau tanda-tanda kepekaan terhadap obat - bukan reaksi alergi. Contoh dari obat yang sering menyebabkan reaksi nonallergic meliputi:
    - Kontras X-ray
    - Aspirin dan pereda nyeri lainnya
    - Obat tekanan darah tinggi

Reaksi Alergi Obat

Kebanyakan reaksi alergi obat muncul beberapa menit setelah minum obat. Akan tetapi, reaski alergi obat juga bisa muncul setelah beberapa hari bahkan minggu setelah minum obat. Tanda-tanda reaksi alergi dapat berkisar dari ringan sampai mengancam nyawa.  Gejala ringannya berupa keluhan gatal, kemerahan, bentol-bentol pada kulit. Dikatakan alergi yang mulai parah bila terjadi gejala anafilaksis yang mulai dalam beberapa menit setelah terpapar obat dan menimbulkan adanya kematian sel-sel kulit (necrolizing epidermal toxic), demam tinggi, pembengkakan di saluran napas yang menyebabkan seseorang kesulitas bernapas (angiodema dab asma bronkiale), nadi yang cepat dan lemah, henti jantung yang dapat berakhir pada kematian apabila terlambat ditangani.

Untuk mengenali gejala yang timbul akibat alergi obat, berikut ciri-cirinya :
  • Ruam kulit
  • Gatal
  • Gatal-gatal biduran atau kaligata
  • Demam
  • Wajah bengkak atau sembab
  • Sesak nafas
  • Anafilaksis (reaksi serius dan darurat yang mengancam jiwa), tandanya penyempitan saluran nafas dan tenggorokan, shock, penurunan tekanan darah, nadi cepat dan lemah, mual, muntah atau diare, pusing, rsaa melayang atau bahkan hilang kesadaran.

Cara Menangani Alergi Obat

Alergi obat sayangnya tidak dapat disembuhkan. Ini termasuk kategori kelainan, bukan penyakit. Perlu untuk diketahui, obat alergi bukan hanya terhadap obat-obatan tertentu saja. Terhadap vitamin, antbiotika dan suplemen juga bisa mencetuskan alergi. Namun begitu, angka kejadian alergi  untuk vitamin dan suplemen sangat rendah. sementara itu angka kejadian alergi untuk antibiotika lebih banyak dibandingkan vitamin dan suplemen.

Jika Anda tidak tahu apakah ada alergi atau tidak, tes kulit (skin test) dapat membantu mencari tahu dengan pasti. Pengujian alergi penisilin umumnya lebih dapat diandalkan daripada tes kulit untuk alergi terhadap obat lain.

Untuk penangannya sendiri adalah dengan menghentikan penggunaan obat-obat penyebab alergi tersebut. Jika anda sudah pernah mengalami alergi obat dan anda tahu persis nama obat tersebut, jangan sekali-kali meminum kembali obat tersebut, dan beritahu dokter setiap kali anda berobat agar obat yang diberikan nantinya tidak mengandung obat yang menimbulkan alergi untuk anda.

Untuk keluhan ringan seperti gatal dapat diatasi dengan misalnya dirumah dapat dilakukan dengan kompres air hangat dan penggunaan obat-obat gatal berupa bedak yang beredar dipasaran. Dokter akan memberikan obat alergi yang sesuai. Penanganan yang terlambat dapat menyebabkan kematian.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Alergi Obat di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :