Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Ramuan Herbal Untuk Penyakit Sinusitis

Ramuan Herbal Untuk Penyakit Sinusitis
Ramuan Herbal Untuk Penyakit Sinusitis - Ramuan herbal merupakan salah satu pilihan bijak karena selain bahannya mudah ditemui dan harganya murah, ramuan herbal juga dikenal tanpa efek samping. Selama masa penyembuhan, selain mengkonsumsi obat, penderita sinusitis dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan penyebab alergi, seperti kepiting, udang, dan tongkol. Selain itu juga sebaiknya menghindari minum es dan berlama-lama berada di tempat yang berudara dingin. Jika berada di ruangan yana ber-AC sebaiknya menggunakan jaket.

Berikut beberapa raamuan untuk mengobati penyakit sinusitis.

Ramuan 1
Bahan:
- Lima batang sereh
- Tiga buah jeruk nipis yang sudah tua
- Tujuh lembar daun sirih
- Tujuh belas biji cengkih
- Dua jari jahe
Cara membuat:
Jahe dan sereh dicuci lalu dimemarkan. Kulit jeruk nipis dikupas lalu dibelah menjadi empat bagian. Semua bahan tersebut direbus bersama enam gelas air hingga airnya tersisa tiga gelas.
Ramuan ini diminum tiga kali sehari setelah makan. Dosisnya setengah gelas sekali minum.

Ramuan 2
Bahan:
- Sepuluh gram jahe
- Lima siung bawang putih
- Enam puluh gram lokio
Cara membuat:
Semua bahan direbus dengan 600 ml air hingga tersisa sekitar 300 ml. setelah agak hangat, air rebusannya disaring.
Airnya diminum selagi hangat secara teratur dua kali setiap hari.

Selain itu ada beberapa sumber herbal untuk mengobati penyakit sinusitis.

Minyak Kayu Putih / Eucalyptus Oil
Didalam minyak kayu putih terkandung senyawa zat cineole, yang mana dapat melawan infeksi sinus. Minum minyak kayu putih dengan dosis 200 mg setiap 3 kali sehari. Cara ini dapat mempercepat pemulihan pada penderita sinusitis akut.
Apabila pada minyak kayu putih digunakan dalam inhalasi uap, maka bisa juga membantu meredakan hidung tersumbat. Dan juga juga memiliki sifat antibakteri dan bertindak sebagai ekspektoran yang mana membantu membersihkan lendir dari saluran pernapasan.

Minyak Atsiri / Monoterpen
Gunakanlah minyak atsiri yang mana telah terbukti khasiatnya dapat membantu melawan gejala sinusitis. Sebenarnya pada minyak atsiri ini merupakan kombinasi dari minyak esensial yang membantu mengobati penyakit pernapasan.

Lobak
Selain buat bahan makanan lobak juga dipercaya dapat membantu dalam mengencerkan dan melarutkan lendir yang diakibatkan oleh  infeksi sinus. Pada lobak sendiri terkandung senyawa sulfur yang mampu membunuh kuman penyebab sinusitis sementara jelatang mengandung antihistamin alami dan anti-inflamasi yang membuka saluran bronkial dan penyempitan pada saluran hidung.

Diet
Cara lain yang dapat anda gunakan yaitu dengan diet khusus seperti minum jus jeruk dan makan buah jeruk. Selain itu,  mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C juga dapat membantu membangun daya tahan tubuh terhadap infeksi. Bagi penderita sinusitis, perbanyaklah minum air putih setiap hari minimal 8 gelas agar cairan atau lendir pada rongga sinus tidak mengental.

Air Garam
Ketika hendak mencuci hidung gunakanlah air garam yang bertujuan agar menjaga saluran hidung tetap terbuka serta mengeluarkan lendir dan bakteri dari dalam hidung. Selain itu dengan berkumur menggunakan  air garam yang hangat juga dapat membantu mengurangi sinusitis. Dan juga perlu diingat saat mandi gunakanlah air hangat jangan menggunakan air yang sangat dingin karena akan memperberat sinusitis anda.

Itulah beberapa cara alami yang dapat dicoba sambil menggunakan resep dokter. Semoga bermanfaat
Terima kasih telah membaca artikel tentang Ramuan Herbal Untuk Penyakit Sinusitis di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :