Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Penyebab Serta Tanda dan Gejala Penyakit Asma

Penyebab Serta Tanda dan Gejala Penyakit Asma
Penyebab Serta Tanda dan Gejala Penyakit Asma - Penyakit asma sering kita temui  terhadap orang yang berada di sekitar kita. Misalnya teman, saudara dan orang lain yang mungkin anda kenal. Penyakit ini sangat menyiksa penderitanya karena si penderita kesulitan untuk bernafas secara normal. Bagi yang baru melihat orang yang sedang kambuh penyakit asmanya, mungkin akan kebingungan cara mengatasinya. Maka dari itu perlu dipelajari lebih lajut tentang penyakit asma agar kita memiliki pengatahuan lebih jauh tentang penyakit ini.

Penderita penyakit asma biasanya memiliki saluran pernafasan yang sangat sensifit terhadap sesuatu. Ama dapat terpicu misalnya terhadap udara dingin, debu, bulu binatan dan lain-lain yang mengakibatkan saluran nafas yang sensitif menjadi menyempit dan menyebabkan jalan keluar masuknya udara menjadi kurang lega. Penyakit ini bersifat sementara dan bisa menyerang siapa saja baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

Penyebab Asma

Penyebab asma belum diketahui secara pasti. Namun yang menjadi faktor pencetus asma diantaranya alergen, infeksi terutama pada saluran napas bagian atas, iritasi, cuaca, kegiatan jasmani dan psikis. Pada suatu serangan asma, otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengakakn karena adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara.

Penderita asma harus menghindari penyebab asma. Misalnya menghindari tempat berdebu, tempat berasap, bulu binatang, serbuk sari bunga dan suhu udara yang dingin. Penderita asma juga harus selalu membawa obat asma, sehingga jika penyakitnya kambuh dapat segera diobati.

Dibawah ini ada beberapa penyebab asma akut adalah :
  • Serbuk sari yang berasal dari tanaman
  • Debu rumah, tungau, jamur, bulu pada hewan peliharaan dan juga bagian daru tubuh serangga
  • Makanan seperti jenis ikan, telur, serta kacang tanah dan susu sapi serta susu kedelai
  • Zat kimia yang berhubungan dengan lingkungan pekerjaan seperti karet, gas, dan juga logam.
  • Infeksi pada saluran napas yang diakibatjkan karena virus, penyakit bronkitis, dan penyakit sinusitis.
  • Penyakit GERD
  • Jenis obat-obatan tertentu yang bisa memicu serangan asma kambuh yakni seperti aspirin dan juga obat yang digunakan untuk membuat tekanan darah tinggi menurun dan untuk fuungsi jantung.
  • Asap rokok, untuk perokok pasif dan perokok aktif.
  • Asap kabut, perubahan yang terjadi [ada udara, akibat asap mesin diesel
  • Faktor di dalam rumah seperti cat dinding, detergen, parfum, deodorant.
  • Melakukan olahraga dengan berlebihan
  • Faktor emosi dan stres
  • Dan faktor hormon disaat akan datang menstruasi terutama pada wanita

Tanda dan Gejala Penyakit Asma

Gejala umum yang terlihat pada penderita penyakit asma adalah mengeluh sesak nafas karena udara pernafasan tidak dapat mengalir lancar pada saluran nafas yang sempit dan hal tersebut juga yang menyebabkan nafas berbunyi ngik-ngik (mengi) . Penyempitan saluran pernafasan yang terjadi dapat berupa pengerutan dan tertutupnya saluran oleh dahak yang dirpoduksi secara berlebihan dan menimbulkan batuk sebagai mekanisme respon untuk mengeluarkan dahak tersebut.
 
Pada anak-anak, gejala awal serangan penyakit asma bisa berupa rasa gatal di dada atau di leher. Batuk kering di malam hari atau ketika melakukan olah raga juga bisa merupakan satu-satunya gejala.
 
Pada kasus terjadinya serangan penyakit asma yang hebat menyebabkan penderita tidak dapat berbicara karena kesulitannya dalam mengatur pernafasan. Penyakit ini membuat para penderitanya sangat tidak nyaman, selain itu orang yang melihat ketika penyakit ini kambuh akan merasakan panik. Berikut ini adalah beberapa gejala asma ketika menyerang.

1. Ketika bernafas terdapat bunyi lenguhan
2. Nafas Pendek
3. Terasa sesak ketika bernafas karena penyempitan saluran nafas
4. Hal itu sering terjadi ketika cuaca dingin
5. Susah bernafas, biasanya terjadi ketika malam hingga menjelang pagi

Dengan mengetahui gejala dari penyakit ini diharapkan para pengidap penyakit ini bisa lebih menyadari tentang hal-hal yang memicu terjadinya asma. Anda juga dapat menulis tempat, waktu dan hal yang menyebabkan penyakit asma terpicu sehingga nantinya bisa lebih waspada. Bawalah selalu alat yang dapat membantu anda untuk mengatasi penyakit ini bila sewaktu-waktu kambuh.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Penyebab Serta Tanda dan Gejala Penyakit Asma di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :