Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Makanan Dengan Kadar Gula Rendah Untuk Penderita Diabetes

Makanan Dengan Kadar Gula Rendah Untuk Penderita Diabetes
Penderita Diabetes sangat dianjurkan untuk menjalani diet khusus diabetes melitus. Diet ini berbeda dengan diet pada umumnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kembali kadar gula darah yang stabil. Hal ini sangat sulit dicapai, akibat tidak adanya jumlah insulin yang cukup untuk mengontrol setiap gula yang masuk. Sementara itu, sensitifitas tubuh terhadap hormon insulin yang ada juga berkurang sehingga kerja insulin menjadi kurang optimal.

Makanan Dengan Kadar Gula Rendah Untuk Penderita Diabetes-Diet diabetes melitus bertujuan untuk mengurangi porsi makanan dan minuman jenis tertentu. Karena terdapat jenis makanan dan minuman tertentu yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Lalu jenis makanan dan minuman apa saja yang boleh dikonsumsi penderita ketika menjalani diet penyakit diabetes melitus?

Salah satu makanan yang sangat diperbolehkan adalah makanan yang mengandung karbohidrat sehat. Sumber karbohidrat sehat adalah buah-buahan, sayuran, tepung, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Walaupun diperbolehkan, yang harus diperhatikan adalah jumlah karbohidrat yang dikonsumsi sama jumlahnya untuk setiap kali makan. Begitu juga jumlah total karbohidrat harian, hendaknya sama dari hari ke hari. Tujuannya, agar gula darah tetap stabil, tidak naik-turun.

Makanan lain yaitu makanan kaya serat. Tubuh setidaknya memerlukan 25 – 50 gram serat setiap harinya. Serat adalah zat yang terdapat dalam makanan yang tidak diserap oleh tubuh. Salah satu fungsi serat adalah membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol. Contoh makanan kaya serat yaitu kacang polong, buncis, apel, jeruk, wortel, daun ubi, kangkung, bayam, dll.

Berikut beberapa lagi contoh makanan dengan kadar gula rendah untuk penderita diabetes :

Ikan
Ikan banyak mengandung asam lemak Omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Ikan juga dapat menjadi sumber protein pengganti daging atau telur. Tetapi perlu diingat, hindari menyajikannya dalam bentuk ikan goreng.

Sayuran hijau 
Selain kandungan nutrisinya yang memang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sayuran hijau juga kaya akan serat dan kandungan airnya tinggi. Kandungan serat pada sayuran hijau sangat bermanfaat dalam hal menghambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah akan dapat selalu dijaga kestabilannya.

Teh
Konsumsi teh secara rutin mampu membantu kelancaran sistem peredaran darah sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar. Teh juga dianjurkan untuk penderita diabetes bahkan ketika mereka harus menjalani diet sekalipun. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan dalam teh dapat membantu menangkal serangan radikal bebas, khususnya infeksi berbagai macam penyakit
 
Gelatin
Bahan makanan ini cocok pengganti manisan,jika anda menyukai manis.

Gandum
Konsumsi rutin gandum sangat dianjurkan untuk penderita kencing manis karena kandungan seratnya yang tinggi dapat menghambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Selain itu, gandum juga mengandung karbohidrat kompleks yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah.
 
Madu
Makanan ini rendah gula dan alami, bisa pengganti manis.
 
Kacang-kacangan
Kacang-kacangan telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Karenanya anda perlu mempertimbangkan untuk mengkonsumsi rutin kacang-kacangan guna menstabilkan kadar gula darah anda.
 
Kayu Manis
Menurut dokter kandungan kayu manis bisa menurunkan kadar gula pada darah,dan sangat dianjurkan oleh penderita diabetes.
 
Cabai 
Berdasarkan hasil penelitian, cabai yang ditambahkan ke dalam masakan dapat menstabilkan kadar gula darah serta mengurangi resiko kematian akibat kencing manis.

Delima
Buah ini termasuk buah rendah gula dan cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes

Mengkudu
Mengkudu dikenal sebagai tanaman buah obat yang dapat menurunkan kadar gula darah. Mengkudu terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kerja pankreas, meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Makanan Dengan Kadar Gula Rendah Untuk Penderita Diabetes di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :