Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Tips Untuk Penderita Penyakit Jantung

Tips Berolahraga yang Aman

tips untuk penderita penyakit jantungTips Untuk Penderita Penyakit Jantung - Berolahraga adalah kegiatan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Tetapi khusus untuk penderita jantung dianjurkan untuk tidak berolahraga terlalu berat. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan bagi penderita penyakit jantung dalam berolahraga adalah :
  • Kecepatan. Jangan melakukan terlalu banyak dan terlalu cepat. Berikan waktu bagi tubuh Anda untuk beristirahat antara latihan.
  • Jangan berolahraga di luar ruangan ketika udara terlalu dingin, panas, atau lembab. Kelembaban tinggi dapat membuat Anda bosan lebih cepat. Suhu ekstrim dapat mengganggu sirkulasi, membuat sulit bernapas, dan menyebabkan nyeri dada. Pilihan yang lebih baik adalah aktivitas dalam ruangan seperti berjalan santai di pusat perbelanjaan.
  • Tetap terhidrasi. Minum banyak air bahkan sebelum Anda merasa haus, terutama pada hari-hari panas.
  • Hindari mandi dengan air sangat dingin atau panas atau mandi sauna setelah latihan. Karena suhu ekstrim membuat jantung bekerja lebih keras.
  • Jangan berolahraga di daerah perbukitan. Jika Anda harus berjalan di daerah yang curam, sebaiknya perlambat gerak Anda saat menanjak untuk menghindari jantung bekerja terlalu keras.
  • Jika program latihan Anda akan terganggu selama beberapa hari (misalnya karena sakit, liburan, atau cuaca buruk), untuk mempermudah kembali ke rutinitas latihan awal, mulailah dengan penurunan intensitas latihan, dan secara bertahap kembali ditingkatkan seperti sedia kala.
  • Hentikan latihan jika Anda menjadi terlalu lelah atau sesak napas., kemudian temui dokter Anda dan beritahukan tentang gejalanya.
  • Jangan berolahraga jika Anda tidak merasa baik atau demam. Orang dengan masalah jantung harus menunggu beberapa hari setelah semua gejala hilang sebelum memulai kembali program latihan, kecuali dokter Anda memberikan arah lainnya.
  • Hentikan aktivitas jika Anda mengembangkan detak jantung yang cepat atau tidak teratur atau mengalami jantung berdebar-debar. Periksa denyut nadi Anda setelah Anda beristirahat selama 15 menit. Jika masih di atas 100-120 denyut per menit, segera hubungi dokter.
  • Jika Anda merasa sakit saat berolahraga, jangan mengabaikannya. Berhenti ketika Anda memiliki nyeri dada atau nyeri di tempat lain di tubuh Anda, karena bisa melukai sendi Anda.
Berhenti dan beristirahat dari aktifitas fisik atau olahraga jika Anda:
  • merasa lemah
  • pusing
  • mengalami peningkatan berat badan yang tidak dapat dijelaskan atau mengalami pembengkakan – hubungi dokter segera
  • Merasakan tekanan atau nyeri di dada, leher, lengan, rahang, atau bahu Anda

Tips Agar Jantung Tetap Sehat

Tips untuk menjaga jantung tetap sehat adalah dengan melakukan beberapa hal yang harus diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Tips agar jantung tetap sehat adalah :
  1. Menjaga rutinitas fisik dan berolahraga
  2. Menyeimbangkan jumlah kalori yang didapat dengan aktivitas fisik dan berolahraga
  3. Menurunkan berat badan jika terjadi obesitas
  4. Berhenti merokok dan menghindari orang yang merokok
  5. Mengontrol tekanan darah
  6. Mengontrol kadar kolesterol darah
  7. Mengontrol kadar gula darah (diabetes)
  8. Tips Agar Jantung Tetap Sehat Mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol, gula dan garam serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.
  9. Mengubah pola hidup lebih baik.
  10. Berhenti merokok serta mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol.
  11. Melakukan olahraga secara teratur yang membantu untuk menguatkan otot jantung serta membantu untuk melancarkan peredaran darah. Untuk penderita penyakit jantung maka bisa melakukan olahraga ringan misalnya adalah seperti jalan kaki, jogging, senam dan yoga.
  12. Mengonsumsi jenis makanan yang rendah lemak dan menjaga berat badan agar tidak mengalami masalah obesitas.
  13. Mengurangi jenis makanan yang mengandung gula karena salah satu penyebab dari penyakit jantung adalah karena penyakit diabetes.
  14. Mengonsumsi jus mengkudu yang bisa membantu menurunkan resiko dari penyakit jantung.
  15. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung zat antioksidan tinggi untuk menetralisir radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung. Misalnya Anda bisa mengonsumsi buah naga, buah manggis atau kulit manggis yang mengandung antioksidan sangat tinggi serta buah sirsak.
  16. Dan selain itu juga mengonsumsi sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung misalnya adalah dengan mengonsumsi sayuran brokoli baik untuk membantuk memenuhi asupan zat antioksidan di dalam tubuh. Radikal bebas akan membuat endapan yang terjadi pada pembuluh darah sehingga membuat aliran darah mengalami penyumbatan. Zat antioksidan bisa menangkap dan bisa mengeluarkan radikal bebas di dalam tubuh.
  17. Kurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat misalnya adalah seperti roti, nasi dan juga gandum.
  18. Mengonsumsi madu murni untuk membantu menguatkan otot jantung. Kandungan zat gul alami, garam, serta mineral di dalamnya akan membuat otot jantung menjadi lebih kuat sehingga kerja jantung akan menjadi lebih optimal lagi.
  19. Kelola stres dngan baik dan menjaga tekanan darah agar tidak mengalami penyakit darah tinggi. Penyakit hipertensi darah tinggi akan membuat dinding pada arteri jantung mengalami luka. Hipertensi akan memungkinkan terjadinya kolesterol LDL yang memasuki suatu saluran arteri dan akan meningkatkan terjadinya penumpukan plak.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Untuk Penderita Penyakit Jantung di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :