Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Pengobatan Sinusitis

Pengobatan sinusitis - Sekitar 60% penderitas sinusitis disebabkan oleh infeksi virus akan hilang dengan sendirinya. Sinusitis butuh waktu sekitar 2 hingga 3 minggu untuk sembuh. Dengan kata lain ketahanan sinusitis lebih lama jika dibandingkan pilek.
Dalam proses penyembuhan sinusitis, kita bisa melakukannya dengan 2 cara, yaitu melalui perawatan sendiri atau dengan pertolongan medis.

Perawatan sendiri 
  • Tetap tinggal dalam ruangan dengan temperatur yang sama
  • Hindari sering membungkuk dengan kepala tertunduk. Gerakan ini biasanya dapat meningkatkan rasa sakit pada penderita sinusitis.
  • Cobalah menggunakan kompres hangat pada wajah, atau dengan hati-hati menghirup uap dari baskom air mendidih.
  • Minumlah banyak cairan untuk membantu melarutkan lendir yang ada didalam rongga hidung.
  • Buang dengan teratur ingis Anda dengan cara yang lembut.
  • Minum obat penghilang rasa sakit.
  • Gunakan obat pencair lendir yang dijual bebas.
  • Berhati-hatilah menggunakan antihistamin yang dijual bebas. Obat itu dapat lebih merugikan daripada menolong Anda karena akan dapat membuat hidung Anda kering dan mengentalkan lendir. Gunakan obat itu hanya bila atas saran dokter, dan ikuti petunjuknya dengan seksama.
Pertolongan Medis

Untuk sinusitis ringan, obat pereda rasa sakit cukup dan dapat dibeli di apotek. Misalnya parasetamol dan ibuprofen. Obat ini bisa untuk meredakan sakit kepala, demam, dan rasa nyeri pada wajah. Untuk anak di bawah usia 16 tahun, dilarang mengonsumsi aspirin. Ibuprofen juga tidak dianjurkan untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Termasuk yang menderita asma, tukak lambung, dan gagal jantung parah.

Obat-obatan dekongestan, obat tetes maupun semprot untuk hidung, bisa melegakan gejala yang muncul. Obat ini tersedia dan dijual secara bebas di apotek. Obat ini bisa mengatasi penyumbatan dan membuat Anda bisa bernapas dengan lega. Tapi obat dekongestan tidak akan membantu mempercepat pemulihan sinusitis. Obat ini juga tidak boleh digunakan lebih dari seminggu.

Pergilah ke dokter bila Anda mengalami demam lebih dari 38°C, kalau rasa nyeri tidak hilang dalam waktu 24 jam, atau bila rasa sakit itu timbul berulang kali. Foto sinar-X serta berbagai pemeriksaan lain akan dilakukan untuk mencari tahu seberapa berat infeksi tersebut. Kalau infeksi itu disebabkan oleh bakteri, dokter akan memberikan resep antibiotik untuk 7-14 hari.

Sinusitis akibat infeksi oleh bakteri bila terdapat gejala nyeri pada wajah, ingus yang bernanah, dan gejala yang timbul lebih dari seminggu. Sinusitis infeksi bakteri umumnya diobati dengan menggunakan antibiotika. Pemilihan antibiotika berdasarkan jenis bakteri yang paling sering menyerang sinus karena untuk mendapatkan antibiotika yang benar benar pas harus menunggu hasil dari biakan kuman yang memakan waktu lama. Lima jenis bakteri yang paling sering menginfeksi sinus adalah Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae, Moraxella catarrhalis, Staphylococcus aureus, dan Streptococcus pyogenes. Antibiotika yang dipilih harus dapat membunuh kelima jenis kuman ini. Beberapa pilihan antiobiotika antara lain amoxicillin, cefaclor, azithromycin, dan cotrimoxazole. Jika tidak terdapat perbaikan dalam lima hari maka perlu dipertimbangkan untuk memberikan amoxicillin plus asam klavulanat. Pemberian antibiotika dianjurkan minimal 10 sampai 14 hari. Pemberian dekongestan dan mukolitik dapat membantu untuk melancarkan drainase cairan mukus.

Obat-obatan

Jika butuh obat penghilang rasa sakit, obat over the counter penghilang rasa sakit seperti parasetamol dan ibuprofen bisa digunakan. Selalulah baca keterangan dan cara penggunaan obat pada kemasannya, jika memang tidak mengerti, tanyakan kepada dokter.

Semprotan dan tetes hidung dekongestan hidung dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan sinusitis. Semprot atau tetes hidung dekongestan tidak boleh digunakan lebih dari lima hari berturut-turut. Jika digunakan lebih dari ini, akan menyebabkan kongesti sinus.

Baik sinusitis akut dan kronis, dokter mungkin akan meresepkan obat semprot hidung yang mengandung steroid.

Meskipun umumnya tidak digunakan untuk mengobati sinusitis, dokter mungkin juga akan meresepkan antibiotik jika terjadi infeksi yang disebabkan bakteri. Jika pasien menderita sinusitis kronis dan juga menderita alergi atau demam, dokter mungkin akan meresepkan antihistamin. Hal ini akan meringankan gejala sinusitis.

Operasi

Pada kasus kasus yang khronis, dapat dipertimbangkan melakukan drainase cairan mukus dengan cara pembedahan. Jika pasien menderita sinusitis kronis dan tidak mendapatkan manfaat dari pengobatan dengan obat-obatan, spesialis THT mungkin akan menyarankan menjalani pembedahan. Pembedahan atau operasi akan membantu menemukan sinus yang terblokir dan meningkatkan drainase lendir. Ada sejumlah prosedur pembedahan yang bisa dilakukan.

Pada functional endoscopic sinus surgery (FESS), dokter bedah akan membersihkan sinus dan memperluas lubang drainase dengan menggunakan endoskop. Bisa dilakukan dengan anestesi lokal atau umum.

Balloon sinuplasty adalah operasi jenis lain yang digunakan untuk mengatasi sinusitis kronis. Dokter bedah akan menempatkan tabung fleksibel kecil ke dalam sinus yang terblokir dan kemudian ujung balon akan mengembang. Hal ini akan mengembalikan fungsi sinus. Tindakan ini memerlukan anestesi umum.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengobatan Sinusitis di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :