Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Sekilas Tentang Purwoceng

Sekilas Tentang Purwoceng
Sekilas Tentang Purwoceng - Purwaceng atau purwoceng semula bernama latin Pimpinella Pruacan, tapi kemudian direvisi menjadi Pimpinella Alpina. Di Indonesia semula tumbuhan ini hidup liar di kawasan Dieng pada ketinggian 200 - 3000 meter di atas permukaan laut.  Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (1987), sebaran tanaman ini kini meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Purwoceng ini dikenal juga dengan nama lain Gebangan Depok (Gunung Tengger) dan Suripandak abang (pegunungan Lyang, Jawa Timur).
 
Purwoceng merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang dikenal berkhasiat sebagai obat perkasa kaum lelaki. Karena itu, purwoceng juga mendapat sebutan ‘viagra Jawa’. Purwoceng  adalah tanaman legendaris yang dijadikan obat kuat oleh para raja atau kalangan istana di daerah jawa. Ratusan tahun yang silam, nenek moyang kita sudah menggunakannya sebagai afrodisiak dan mengembalikan energi setelah seharian bekerja.

Seluruh bagian tanaman purwoceng dapat digunakan sebagai obat tradisional, terutama akar. Akar Purwoceng menyerupai wortel dan berwarna putih, panjangnya sekitar 10 cm. Akar ini mengandung turunan senyawa kumarin yang sering digunakan dalam industri obat modern, tetapi bukan untuk aprodisiak melainkan untuk anti bakteri, anti fungi dan anti kanker. Akarnya mempunyai sifat diuretika dan digunakan sebagai aprosidiak, yaitu obat yang dapat meningkatkan atau menambah stamina. Pada umumnya tumbuhan atau tanaman yang berkhasiat sebagai aprosidiak mengandung senyawa-senyawa turunan saponin, alkaloid, tanin, dan senyawa-senyawa lain yang berkhasiat sebagai penguat tubuh serta memperlancar peredaran darah. Selain akar, daun dan batang purwoceng juga terbukti dapat meningkatkan kadar hormon testosteron sekaligus meningkatkan libido.

Kandungan kimia berupa metabolit sekunder yang merupakan zat berkhasiat pada herbal purwoceng adalah kelompok saponin. Terdapat pula senyawa triterpenoid-steroid, sitosterol, dan stigmasterol yang merupakan komponen kimia utama dalam pembentukan testosteron serta mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan fertilitas spermatozoid. Selain itu, purwoceng juga mengandung kumarin yaitu senyawa bergapten dan iso bergapten yang berfungsi dalam meningkatkan stamina tubuh. Herbal purwoceng juga mengandung alkaloida, yaitu senyawa yang banyak digunakan dalam industri obat modern.

Agar mendapatkan khasiat secara nyata dari Purwoceng, herbal ini harus diminum teratur selama 7-15 hari. Selain untuk meningkatkan stamina, tanaman ini juga berkhasiat menghangatkan tubuh, saraf dan otot, menghilangkan masuk angin dan pegal linu, melancarkan buang air kecil, obat analgetika (menghilangkan rasa sakit), menurunkan panas, obat cacing, antibakteri serta anti kanker. Purwoceng yang asli memiliki rasa khas, yaitu pedas, yang dihasilkan oleh akar dan bijinya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Sekilas Tentang Purwoceng di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :