Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Alergi Kulit

Alergi kulit
Alergi kulit
Salah satu jenis alergi adalah alergi kulit. Alergi kulit atau dermatitis atopik atau dermatitis kontak alergik yang bisa muncul pada orang yang terkena alergi pada bahan-bahan tertentu atau juga bahan yang menyusun suatu produk. Gejala alergi yang biasanya muncul pada alergi kulit adalah kemerahan, radang, bengkak, biduran dan juga gatal-gatal.

Alergi kulit umumnya terjadi pada wajah dan bagian tubuh seperti tangan. Tidak semua kulit wajah sama jenis dan sifatnya. Akhir-akhir ini, sebuah penelitian mengungkap bahwa penderita alergi kulit lebih kecil kemungkinannya mengalami kanker kulit dan payudara. Penelitian itu dilakukan selama 23 tahun terhadap 17.000 orang dewasa yang diuji dengan berbagai penyebab alergi kulit atau alergen.



Jenis-Jenis Alergi


Alergi memiliki beberapa jenis yang mungkin salah satunya terdapat dalam diri anda. Jenis alergi antara lain :

Alergi terhadap sinar matahari 
Sinar matahari yang seharusnya mengandung banyak vitamin D yang baik untuk kesehatan anda. Orang yang mengalami alergi terhadap sinar matahari sering disebut dengan solar urticaria yang mungkin juga disarankan seperti sengatan tajam pada kulit tubuh anda ketika terkena paparan sinar matahari. Gejala yang ditumbulkan dari alergi kulit ini dengan adanya rasa sakit kepala, memar, dan mual.

Alergi terhadap kosmetik
Alergi kulit juga akan timbul sesaat setelah menggunakan kosmetik tertentu. Umumnya alergi kulit yang sering terjadi pada wajah disebabkan oleh pemakaian kosmetik apapun yang bisa mencetuskan kejadian alergi pada kulit yang berbakat alergi. Maka, mereka yang mempunyai bakat alergi perlu waspada setiap memakai kosmetik merek yang baru pernah dipakai. Apabila muncul reaksi alergi kulit pada tempat kosmetik dipakai, berarti kulit tidak tahan terhadap merek kosmetik tersebut. Gejala alergi kulit berupa rasa gatal, bengkak dan bercak-bercak merah. Kondisi ini tidak selalu berkaitan dengan tempat pemakaian kosmetika, misalnya di daerah mata disebabkan bahan rias mata, di wajah akibat bahan rias wajah, di kulit kepala dan kuku.

Alergi terhadap bahan kimia
Kemungkinan terserang reaksi alergi kulit lebih besar, terutama apabila bersentuhan atau berkontak dengan bahan-bahan yang terbuat dari bahan kimiawi, khususnya sabun, deterjen, pembersih lantai, lisol atau karbol. Yang paling sering terserang alergi yaitu pada kulit telapak tangan. Pada alergi kulit, apabila terpapar bahan kimia, akan terasa gatal-gatal di kulit telapak tangan, gatal menghebat dan terasa panas, kulit merah meradang dan akhirnya sampai mengelupas. Seseorang yang gampang terserang alergi jenis ini, perlu lebih waspada selama melakukan pekerjaan harian di rumah tangga.

Alergi terhadap air
Pada anda yang memiliki alergi terhadap air akan menyebabkan ruam dan gatal pada kulit saat menyentuh air dalam suhu apapun.Alergi air ini terjadi pada satu diantara 230 juta orang dan belum diketahui jelas apa penyebabnya. Alergi air ini sering sdisebut juga dengan sebutan aquagenic urticaria. 

Alergi terhadap sperma
Alergi ini terbilang sangat jarang sekali diderita. Gejala yang muncul pada alergi ini adanya rasa gatal atau biduran dan pembengkakan yang terjadi didaerah vagina sesaat setelah berhubungan intim. Cara yang dapat digunakan untuk mencegah alergi sperma ini dengan menggunakan pengamam seperti kondom. Sedangkan pada wanita yang ingin memiliki keturunan anda dapat meminya suntikan khusus alergi kepada dokter anda untuk mengatasi masalah ini.

Mengatasi Alergi Kulit

Untuk megatasi alergi yang anda derita, anda dapat menggunakan bedak atau lotion yang dapat meringankan rasa gatal akibat alergi kulit yang anda rasakan sekarang. Anda juga dapat menggunakan obat antihistamin seperti CTM untuk membantu anda mengilangkan alergi. Saat anda berada dalam suhu yang dingin untuk mengatasi alergi, anda dapat menggunakan jaket atau baju yang tebal yang dapat membantu menghangatkan  tubuh anda atau dapat anda mandi dengan air hangat untuk lebih menghangatkan tubuh anda. Untuk anda yang takut dengan obat anda dapat mengambil cara yang alami untuk alergu kulit anda dengan menggunakan minyak goreng  yang dicampur dengan garam yang dioleskan pada kulit anda yang sedang alergi.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Alergi Kulit di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :