Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Jenis-Jenis Penyakit Jantung Yang Perlu Anda Waspadai

Jenis-Jenis Penyakit Jantung Yang Perlu Anda Waspadai
Jenis-Jenis Penyakit Jantung Yang Perlu Anda Waspadai - Kebanyakan orang awam menganggap bahwa sakit jantung hanya satu, yaitu sakit jantung. Namun, dalam kenyataan ternyata penyakit jantung memiliki berbagai varian. Masing-masing varian, atau jenis memiliki ciri-ciri dan gejala tersendiri.

Sebagian besar penyakit jantung disebabkan oleh sistem 'kardiovaskular' pada jantung dan pembuluh darah yang memasok darah ke jantung. Setiap masalah baik dalam jantung atau arteri dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan tentu saja penyakit jantung.

Penyakit jantung banyak sekali macamnya. Para penderitanya juga seringkali terkena lebih dari satu gangguan (komplikasi). Berikut adalah beberapa jenis penyakit jantung yang perlu Anda diketahui. Daftar ini hanyalah sebagian dari belasan jenis gangguan jantung lain yang dapat mengancam kita.
  • Angina. Dalam dunia medis, angina menggambarkan rasa sakit dan sesak di dada. Hal ini dikarenakan daerah dada Anda tidak memiliki pasokan oksigen. Angina paling umum terjadi karena adanya penyumbatan kecil di arteri jantung.
  • Jantung bawaan. Penyakit jantung ini terjadi ketika bayi lahir dengan kondisi jantung yang lemah, atau ada lubang di jantung bayi tersebut. Kondisi ini dapat disembuhkan melalui jalan operasi.
  • Gagal jantung. Gagal Jantung atau Heart Failure adalah keadaan dimana jantung tidak bisa memasok aliran darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan berpotensi mematikan. Kondisi ini biasanya dipicu karena shock atau gangguan di paru-paru. Kondisi ini rentan menyebabkan kematian mendadak. Terkadang gagal jantung sering disalahartikan sebagai serangan jantung.
  • Bradikardia. Ini adalah istilah medis untuk denyut jantung yang lambat. Biasanya terjadi karena otot-otot jantung telah melemah. Alat pacu jantung kerap digunakan untuk memulihkan denyut jantung.
  • Jantung koroner. Ini adalah jenis yang paling umum dari penyakit jantung di mana dinding arteri menebal akibat akumulasi lemak. Kondisi ini membuat jumlah darah yang masuk ke jantung menurun. Dan tekanan darah meningkat. Penyakit ini sangat berpotensi untuk menimbulkan kematian mendadak.
  • Aritmia. Ini adalah jenis penyakit jantung yang mengganggu yakni gangguan irama atau detak jantung. Detak jantung bisa lebih cepat, lebih lambat, dan tidak teratur. Faktor utama penyakit aritmia adalah kurangnya kalsium dalam tubuh dan terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung. Penyebab aritmia adalah diabetes, tekanan darah tinggi, merokok, kafein, alkohol, stres, kematian otot jantung, penyalahgunaan obat, dan terlalu aktifnya kelenjar thyroid.
  • Perikarditis. Ini adalah jenis peradangan pada kantung jantung atau pericardium sehingga menimbulkan penimbunan cairan dan penebalan. Peradangan ini disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab yang umum adalah infeksi virus dan terapi penyinaran untuk kanker payudara. Gejala yang timbul akibat perikarditis adalah sesak nafas, batuk, tekanan darah tinggi, dan kelelahan akibat kerja jantung menjadi tidak efisien. Penyakit jantung ini bisa didiagnosa melalui MRI atau kateterisasi jantung.
  • Heart Valve Disease. Ini adalah penyakit jantung yang bermasalah pada katup jantung adalah keadaan dimana salah satu atau lebih katup jantung tidak bekerja dengan baik. Dalam beberapa kasus, orang-orang terlahir dengan masalah pada katup jantung sedangkan beberapa orang mendapatkan kelainan pada katup di masa hidupnya. Kelainan pada katup jantung bisa disebabkan oleh infeksi, usia, dan karena penyakit lain. Hampir tak ada gejala yang ditemukan oleh penderita kelainan pada katup jantung.  Ada tiga jenis penyakit katup jantung: kebocoran, penyempitan, dan katup tanpa lubang. Tidak ada obat untuk kelainan pada katup jantung kecuali operasi. Tetapi bagi Anda yang tidak memiliki penyakit ini dari lahir, menjaga pola makan dan pola hidup adalah kunci untuk terbebas dari penyakit ini.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Jenis-Jenis Penyakit Jantung Yang Perlu Anda Waspadai di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :