Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Khasiat Cengkeh

Khasiat Cengkeh
Cengkeh (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum) yang dalam bahasa Inggris disebut cloves adalah tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkeih adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan serta sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Tanaman cengkeh dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis. Tanaman ini juga digunakan dalam industri farmasi, penyedap masakan, dan wewangian. Meski bentuknya kecil cengkeh menyimpan nutrisi seperti vitamin dan mineral seperti yodium, kalsium, fosfor, dan besi. Cengkeh bisa memberikan lebih banyak manfaat ke tubuh Anda tak hanya membuat makanan menjadi lebih lezat. Minyak cengkeh banyak dimanfaatkan oleh dokter gigi sebagai penghilang rasa sakit.

Berikut beberapa Khasiat Cengkeh untuk Obat herbal tradisional mengatasi berbagai penyakit.

Menurunkan gula darah dan obat diabetes
Makan cengkeh setiap hari atau Anda bisa mencoba mengonsumsi sekitar 10 gram bubuk cengkeh dengan air hangat, pada waktu perut kosong setiap harinya.

Menghitamkan alis mata
5-7 biji bunga cengkeh kering dibakar sampai hangus, kemudian ditumbuk sampai halus dan ditambah dengan minyak kemiri secukupnya. Oleskan pada alis mata setiap sore hari.

Mengobati Campak
10 Biji bunga cengkeh direndam air masak semalam kemudian ditambah dengan gula batu dan diaduk sampai merata. Lalu diminum sedikit demi sedikit secara teratur.

Menambah Denyut Jantung
Bunga cengkeh yang sudah kering, dikunyah disesap airnya, dilakukan setiap hari. Minyak cengkeh dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih.

Melawan sakit gigi, bau mulut, dan memelihara kebersihan mulut
Jika Anda menderita sakit gigi, cobalah menerapkan minyak cengkeh atau mengunyah cengkeh untuk bantuan instan dari rasa sakit. Anda juga bisa mengunyah cengkeh atau berkumur dengan larutan cengkeh untuk mengalahkan bau mulut. Untuk solusinya , rebus beberapa siung cengkeh dalam air selama beberapa menit, biarkan selama sekitar dua menit dan kemudian saring. Setelah didinginkan Anda dapat menggunakannya sebagai obat kumur setiap habis makan.

Membantu bernapas bebas
Hancurkan 3-4 buah cengkeh , tambahkan lada jagung dan sedikit tulsi ke dalam campuran. Tambahkan sekitar 200 mil air, dan rebus hingga setengah jumlahnya . Anda dapat menambahkan sepotong kecil jahe ke dalam campuran. Setelah rebusan siap agar manis.

Menghilangkan bau mulut
10 butir cengkeh dicuci lalu diseduh dengan 200 cc air panas, diamkan selama lima menit. Kemudian, disaring dan airnya dipakai untuk kumur-kumur, lakukan setiap hari secara rutin.

Mengatasi sinusitis
Cengkeh secukupnya dikeringkan, digiling sampai menjadi bubuk, lalu ditiupkan ke hidung dengan menggunakan sedotan dengan ukuran secukupnya.

Obat mual
10 butir cengkeh, 20 gram asam jawa, dan gula aren secukupnya direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc. Kemudian ramuan disaring dan diminum selagi hangat untuk dua kali sehari, setiap kali minum sebanyak 100 cc.

Mengatasi kembung
10 butir cengkeh diseduh dengan air panas lalu diminum sebagai teh. Atau, 5 sampai 10 butir cengkeh dimasukkan pada buah pir yang dilubangi dan dibungkus dengna kertas aluminium foil lalu dibakar hingga matang. setelah matang, cengkehnya dibuang dan pirnya dimakan.

Obat masuk angin
10 tetes minyak cengkeh diseduh dengan 50 cc air panas, tambahkan madu secukupnya, diaduk sampai merata lalu diminum selagi hangat. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

Obat sakit kepala
5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir merica dihaluskan hingga menjadi bubuk lalu diseduh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum.

Mengatasi radang lambung
5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir kapulaga, 15 gram kulit jeruk mandarin, 150 gram lobak, labu parang secukupnya, direbus dengan 1000 cc air panas kemudian diminum.

Obat batuk
10 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 5 lembar daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu manis, dan gula aren secukupnya direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring lalu diminum 2 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 200 cc.

Menurunkan kadar kolesterol
Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh bubuk cengkeh untuk makanan sehari-hari Anda, mengunyahnya sehabis makan atau campurkan bubuk cengkeh dengan air hangat setiap pagi, pada waktu perut kosong untuk melihat penurunan yang cukup besar dalam kadar kolesterol Anda.

Namun jika cengkeh dalam rokok yang diisap bersama tembakau sama sekali tidak mempunyai manfaat bahkan membahayakan tubuh.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Khasiat Cengkeh di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :