Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes Melitus

Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes Melitus
Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes Melitus adalah topik untuk artikel kali ini setelah sebelumnya dibahas tentang makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Bagi penderita diabetes melitus perlu menjauhi makanan pantangan ini agar penyakit diabetes melitus yang diderita tidak bertambah parah.

Berikut ini beberapa pantangan yang harus dihindari penderita diabetes melitus:

Permen
Permen adalah salah satu makanan tinggi gula, memiliki nilai gizi yang kuang dan mengandung karbohidrat yang berkualitas rendah sehingga dapat menyebabkan lonjakan dramatis dalam kadar gula darah dan dapat berkontribusi untuk kenaikan berat badan, yang keduanya dapat memperburuk komplikasi diabetes melitus. 

Jus Buah
Sebenarnya buah-buahan adalah pilihan makanan yang sehat, kaya serat dan karbohidrat baik bagi penderita diabetes, tapi jus buah, yang mengandung banyak gula, akan menyebabkan lonjakan tajam kenaikan kadar gula darah. Menjauhkan jus buah dari keinginan Anda bisa menjaga kadar gula darah tetap normal dan mengisi tubuh Anda dengan lebih sedikit kalori, yang akhirnya membantu dalam penurunan berat badan. 

Kismis
Kismis dapat menyebabkan kenaikan gula darah Anda karena selama proses dehidrasi, gula alami di dalam buah menjadi sangat terkonsentrasi, menyebabkan kenaikan kadar gula darah ketika mereka diserap oleh tubuh.

Pancake
Sepiring pancake akan meyebabkan meningkatnya karbohidrat dan salah satu pilihan sarapan terburuk bagi penderita diabetes melitus. Kebanyakan pancake berukuran besar dan dibuat dengan tepung putih bermutu rendah, dengan topping diatasnya yang membuat makanan ini semakin harus dihindari bagi penderita diabetes melitus. Mentega yang sarat dengan lemak jenuh juga merupakan salah satu bagian dari makanan ini yang dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah.

Kentang Goreng
Kentang yang digoreng dapat menyebabkan penambahan berat badan dan mendatangkan kenaikan gula darah Anda. French fries, keripik kentang, dan donat adalah pilihan makanan yang sangat buruk bagi penderita diabetes melitus karena mereka dibuat dengan karbohidrat kompleks, bahan-bahan tepung, yang dapat menyebabkan kadar glukosa darah untuk meningkat tajam. 

Nasi Putih
Roti putih, nasi putih, pasta putih, dan apa pun yang dibuat dengan tepung putih dapat mengganggu kontrol glukosa dan harus dihindari. Gandum murni adalah pilihan yang lebih baik karena mereka lebih kaya serat dan umumnya menyebabkan kenaikan yang lambat gula darah. Saat makan siang dan makan malam, mengganti karbohidrat putih dengan pilihan gandum lebih sehat untuk meminimalkan dampak pada kenaikan gula darah Anda.

Mie
Mie kaya akan kandungan karbohidrat sederhana. Mie akan membuat kenaikan kadar gula darah melonjak naik sangat cepat. Untuk menjaga kestabilan kadar gula darah, sebaiknya mie dihindari.

Susu
Jauhkan susu dari penderita diabetes melitus, dan Anda dapat mengambil susu rendah lemak atau susu skim (tanpa lemak) sebagai gantinya. Juga, cobalah untuk menghindari produk whole-milk dairy lainnya seperti krim, yoghurt penuh lemak, keju biasa dan krim keju.

Bacon
Daging mengandung sejumlah besar lemak jenuh, yang dapat memulai peradangan dalam tubuh dan menyebabkan berbagai efek samping. Karena penderita diabetes melitus berisiko tinggi terkena penyakit jantung, maka makan daging tinggi lemak semakin menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar.

Kafein dan Alkohol
Alkohol adalah minuman yang memperberat fungsi hati dan pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin. Oleh karenanya hindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein. Dampak yang dibawa oleh kedua jenis minuman ini terhadap penyakit diabetes mellitus selalu buruk.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes Melitus di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :