Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung

Pengenalan Jantung

Jantung adalah organ tubuh yang terdiri dari kumpulan otot yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung berbentuk kerucut, berongga dan dengan basisnya di atas dan puncaknya di bawah. Apex-nya (puncak) miring ke sebelah kiri. Berat jantung kira-kira 300 gram. Secara rata-rata, jantung manusia berdenyut 72 kali per menit dalam status beristirahat dan memompa 4 hingga 7 liter darah pada tiap menitnya. 
 

Fungsi Jantung

Fungsi jantung yang utama adalah memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru. Pada saat itu jantung menyediakan oksigen darah yang cukup dan dialirkan ke seluruh tubuh, serta membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida). Sehingga untuk melaksanakan fungsi tersebut jantung mengumpulkan darah yang kekurangan oksigen dari seluruh tubuh dan selanjutnya memompanya ke paru-paru, dengan cara darah pada jantung mengambil oksigen dan membuang karbondioksida. Pada jantung darah yang kaya akan oksigen yang berasal dari paru-paru dipompa ke jaringan seluruh tubuh manusia. Agar jantung berfungsi sebagai pemompa yang efisien, otot-otot jantung, rongga atas dan rongga bawah harus berkontraksi secara bergantian. 

Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung seseorang berbeda-beda. Berikut ada 4 kategori kondisi jantung seseorang:
  • Pertama, sehat dapat bekerja berat dan ringan.
  • Kedua, dapat bekerja berat dan kalau sudah kecapaian tidak perlu berhenti melakukan aktivitas, tetapi cukup mengurangi intensitas/beratnya pekerjaan dan kalau sudah merasa fit dalam satu dua menit intensitas kerja dapat ditingkatkan kembali, begitu seterusnya.
  • Ketiga, tidak dapat bekerja berat, tapi dapat melakukan pekerjaan ringan sehari-hari, jika kelelahan harus segera menghentikan aktivitas dan istirahat satu dua menit, yang baik dengan berbaring, tetapi jika sedang bejalan, maka istirahat dapat dilakukan dengan diam berdiri saja.
  • Keempat, sudah parah, untuk berjalan beberapa meter saja sudah kepayahan, kadangkala perlu dipapah.
Terdapat 2 kondisi penyumbatan yang menyebabkan agak sulitnya deteksi dini gangguan jantung dengan mengamati kondisi gejala kilinis:
  • Penyumbatan Koroner, Pembuluh Darah Koroner (Besar) tersumbat sementara dan biasanya menyebakan sakit yang hebat, walaupun mungkin hanya sebentar.
  • Penyumbatan Pembuluh Darah Kecil (Iskemi), disebabkan oleh Kolesterol dan juga Diabetes dimana penyakit yang terakhir ini menyebabkan kakunya pembuluh darah, sehingga tidak dapat mengalirkan darah secara maksimal, pembuluh darah kecil yang terganggu jumlahnya banyak dan terjadi di seluruh tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Agar kesehatan tubuh tetap terjaga maka wajib juga kita menjaga kesehatan jantung. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, seseorang harus melakukan usaha seperti menjalankan pola hidup sehat dan menghindari hal-hal yang berbahaya untuk jantung seperti berhenti atau menjauhi rokok dan minuman keras. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah menjaga kadar kolesterol serta mengendalikan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah.

Hal lain yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah berolahraga. Berikut adalah lima jenis olahraga untuk kesehatan jantung yang sebaiknya dilakukan dengan teratur untuk menjaga kesehatan jantung yaitu:
1. Jalan-jalan
2. Aerobic
3. Berlari
4. Bersepeda
5. Berenang
Namun ingat, jangan melakukan olahraga secara berlebihan karena juga bisa berimbas buruk untuk jantung.

OLAHRAGA BAIK UNTUK MENJAGA KESEHATAN JANTUNG TAPI KALAU SUDAH SAKIT JANTUNG MAKA OLAHRAGA ADALAH PANTANGANNYA.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Kesehatan Jantung di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :