Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Penyebab Sinusitis

Penyebab Sinusitis
Penyebab Sinusitis - Sinusitis dapat terjadi bila terdapat gangguan pengaliran udara dari dan ke rongga sinus serta adanya gangguan pengeluaran cairan mukus. Adanya demam, flu, alergi dan bahan bahan iritan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ostia sehingga lubang drainase ini menjadi buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus. Penyebab lain dari buntunya ostia adalah tumor dan trauma. Drainase cairan mukus keluar dari rongga sinus juga bisa terhambat oleh pengentalan cairan mukus itu sendiri. Pengentalan ini terjadi akibat pemberiaan obat antihistamin, penyakit fibro kistik dan lain lain. Sel penghasil mukus memiliki rambut halus (silia) yang selalu bergerak untuk mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Asap rokok merupakan biang kerok dari rusaknya rambut halus ini sehingga pengeluaran cairan mukus menjadi terganggu. Cairan mukus yang terakumulasi di rongga sinus dalam jangka waktu yang lama merupakan tempat yang nyaman bagi hidupnya bakteri, virus dan jamur. Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan sinus mengalami peradangan dan tersumbat. Penyebab yang paling umum adalah virus. Sinus juga bisa tersumbat atau menyempit karena adanya pertumbuhan seperti polip hidung, atau jika wajah atau hidung terluka. Jika seseorang mengidap suatu kondisi kesehatan lain yang mempengaruhi saluran napas dan lendir, seperti cystic fibrosis, maka juga berisiko besar terkena sinusitis.

Sinusitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi pada selaput lendir di hidung atau saluran napas atas, misalnya influenza. Bila terkena influenza, selaput lendir akan bengkak dan akan memblokir bukaan sinus. Lendir yang menumpuk di sinus terkadang berubah menjadi infeksi oleh bakteri dan menyebabkan gejala yang lebih parah. Hal ini disebut sinusitis bakteri.

Sinusitis kronis sering disebabkan oleh iritasi dan alergi, yang mempengaruhi lapisan hidung dan sinus. Penyebabnya antara lain:
  • Alergen udara, seperti dari rumput dan serbuk sari
  • Asap dan polusi udara
  • Debu dan tungau
  • Semprotan yang mengandung bahan kimia.

Akibat dari Infeksi yang Terjadi

Infeksi yang paling umum menyebabkan sinusitis adalah pilek dan flu. Virus ini bisa menyebar ke sinus-sinus melalui saluran pernapasan atas. Jika bakteri telah menyebabkan infeksi sekunder, maka akan muncul mukosa atau lendir warna kuning atau hijau. Sinus Anda akan meradang dan membengkak. Gigi yang infeksi juga kadang bisa memicu terjadinya infeksi sinus.

Peningkatan Risiko Munculnya Sinusitis

Ada beberapa faktor yang membuat sinus Anda lebih rentan untuk terserang infeksi.
  • Alergi : rinitis (radang selaput hidung), asma dan hayfever (alergi serbuk sari).
  • Penyempitan saluran hidung : ini bisa disebabkan karena luka di wajah atau tumbuhnya polip di dalam hidung. Jika mukosa atau ingus mengumpul di daerah yang menyempit, ini bisa menyebabkan infeksi sinus.
  • Iritasi : polusi udara, asap dan zat kimia. Misalnya pestisida, pembasmi hama dan deterjen rumah tangga.
  • Fibrosis sistik: kelainan genetik di mana mukosa yang kental dan lengket tertumpuk di dalam tubuh, meningkatkan risiko infeksi
Terima kasih telah membaca artikel tentang Penyebab Sinusitis di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :