Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Mengobati Luka Bakar Secara Alami

Mengobati Luka Bakar Secara Alami
Luka bakar adalah kerusakan jaringan karena kontak dengan agens, termal, kimiawi atau listrik. Luka bakar merupakan respons kulit dan jaringan subkutan terhadap trauma suhu/termal. Keparahan luka bakar dikaji dengan menentukan kedalaman cedera luka bakar, persentase area permukaan tubuh yag terkena dan keterlibatan bagian tubuh khusus. Luka bakar dengan ketebalan parsial merupakan luka bakar yang tidak merusak epitel kulit maupun hanya merusak sebagian dari epitel. Biasanya dapat pulih dengan penanganan konservatif. Luka bakar dengan ketebalan penuh merusak semua sumber-sumber pertumbuhan kembali epitel kulit dan bisa membutuhkan eksisi dan cangkok kulit jika luas.

Herbal Ramuan Tradisional Untuk Luka Bakar

Selain dari krim atau obat-obat dengan resep dokter, ada obat alami bisa yang terbukti efektif dan sukses bisa menyembuhkan luka bakar. Salah satu keuntungan obat alami ini adalah mereka umumnya sangat terjangkau. Anda tidak perlu khawatir akan efek samping tertentu ke kulit setelah menggunakannya. Sebagai fakta, bahwa orang jaman dahulu telah menggunakan metode ini untuk mengobati luka bakar.

Berikut adalah beberapa herbal yang sering kita jumpai dan efektif untuk mengobati luka bakar yaitu diantaranya:

1. Kentang dan Mentimun
Siapkan masing-masing satu buah dengan besar yang tidak jauh berbeda atau hampir sama. Kupas kulitnya dan cuci bersih, lalu tiriskan. Potong kentang dan mentimun dalam ukuran yang lebih kecil, sehingga saat diblender akan menghasilkan hasil yang lembut. Jika dirasa sudah halus, oleskan hasil blender kentang dan mentimun tersebut ke luka bakar Anda. Diamkan sampai olesan itu mengering, kemudian Anda bisa membilasnya dengan bersih menggunakan air dingin.

2. Lidah buaya
Ambil daging dari tanaman lidah buaya dan potong seukuran tangan Anda. Kemudian oleskan daging tanaman lidah buaya tersebut ke kulit Anda yang terkena luka bakar. Tanaman lidah buaya dipercaya dapat menyerap panas dan perih yang terjadi akibat luka bakar.
Cara lain untuk menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami untuk mengatasi luka bakar adalah dengan menghaluskannya (menggunakan blender) dan mengoleskannya pada luka bakar Anda.

3. Yoghurt/Susu
Kulit yang terkena luka bakar biasanya berupa kulit yang hitam. Untuk mengembalikan kecerahan kulit Anda, Anda memerlukan nutrisi yang baik untuk kulit. Anda bisa mendapatkan nutrisi baik tersebut dari yoghurt atau susu. Yang anda lakukan adalah cukup dengan mengompres mengunnakan yoghurt atau susu.

4. LemonAmbil sari lemon dengan cara memeras buah tersebut dan campurkan dengan air. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut ke bagian tubuh Anda yang terkena luka bakar.

5. Oatmeal
Campurkan oatmeal dengan air, tidak terlalu cair hanya membentuk tekstur seperti pasta. Oatmeal akan menurunkan suhu pada kulit Anda yang terkena sengatan matahari, setelah Anda mengoleskan ramuan oatmeal pada luka bakar Anda. Setelah mengering, basuh dengan air bersih dan dingin.

6. Baking SodaCampurkan 3 sendok makan baking soda (sodium bicarbonate) dengan air kemudian taruh beberapa helai kapas ke dalam ramuan tersebut. Kapas yang telah terendam tadi dapat Anda gunakan untuk mengompres luka bakar. Biarkan kapas menempel selama 15 menit.

7. Teh CelupUntuk luka bakar yang berada di sekitar mata, Anda dapat menggunakan teh celup untuk mengobatinya. Anda hanya perlu merendam beberapa teh celup ke dalam air dingin dan setelah itu Anda bisa mengompres area yang terkena luka bakar di sekitar mata Anda.

8. Pepaya muda, kapur sirih dan minyak kelapa
Dengan mengiris dan mengamil getah pepaya muda. Campurkan getah buah pepaya muda dengan sirih dan minyak kelapa secukupnya. Oleskan di bagian tubuh yang terkena luka bakar, dua kali sehari.

9. Stroberi Dan Tomat
Jika buah stroberi dan tomat digabungkan, Anda akan mendapatkan jus yang sangat segar. Namun, tahukah Anda jika mereka digabungkan dalam sebuah ramuan, buah stroberi dan tomat dapat menjadi obat untuk mengatasi luka bakar. Buah stroberi dan tomat dapat berfungsi untuk menghilangkan luka bakar akibat sinar matahari, memberi nutrisi, dan menjauhi radang kulit. Anda bisa menggunakan salah satu dari kedua buah ini saja.

10. Kentang dan minyak kelapa
Tiga buah kentang dan satu sendok minyak kelapa. Parut kentang hingga halus, lalu campurkan dengan minyak kelapa. Balurkan bahan-bahan yang sudah diolah tersebut pada luka, lalu ikat dengan sehelai kain bersih.

11. Umbi bidara upas
Iris tipis umbi bidara upas. Kemudian letakkan di atas luka bakar tersebut. Selain luka bakar, umbi bidara upas juga dapat digunakan untuk mengobati luka akibat gigitan ular.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Mengobati Luka Bakar Secara Alami di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :