Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Makanan penurun tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam periode waktu yang cukup lama.Kenaikan tekanan darah dapat disebabkan oleh penyempitan pembuluh sehingga menimbulkan timbunan lemak dan zat – zat lain.Hipertensi merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung, stroke, penyakit finja, penyakit arteri, dll. Padahal pada umumnya penyebab darah tinggi sulit diketahui secara medis. Biasanya manusia baru sadar ketika dirinya melakukan tes tekanan darah. Sangat disarankan untuk segera memeriksakan dan kosnultasikan ke dokter ketika tekanan darah kamu berada di atas tekanan darah normal.

Gaya hidup dan faktor makanan sangat berpengaruh terhadap tingkat tekanan darah. Berberapa jenis makanan membantu mengontrol tekanan darah dan bahkan membantu dalam menurunkan tekanan darah. Berikut adalah aneka sumber makanan penurun darah tinggi:

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau, seperti bayam dan ketumbar yang merupakan sumber kalium sehingga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu bayam termasuk sayuran rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung nutrisi sehat seperti potasium, folat, dan magnesium sebagai bahan utama untuk menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah. Selain itu daun seledri juga diyakini mampu menurunkan darah tinggi dengan cepat. Beberapa penelitian sudah membutktikan bahwa minum jus seledri setiap hari sepanjang satu pekan bisa menolong menurunkan tekanan darah. Hal ini di dukung oleh tingginya kalium, mineral serta antioksidan yang ada didalamnya. Seledri juga diketahui memiliki kandungan senyawa 3-n-butil-phthalide yang berguna untuk merenggangkan atau melebarkan otot-otot dinding arteri hingga memungkinkan darah mengalir lebih lancar. pthalides juga pakar bisa mengurangi hormon stres yang dapat mengakibatkan pembuluh darah mengerut.

2. Susu skim
Susu skim adalah susu bebas lemak yang merupakan sumber dari kalsium dan vitamin D. Kehadiran kalsium dan vitamin D sangatdibutuhkan dalam menurunkan tekanan darah. Sebaliknya jika kekurangan akan berdampak pada hipertensi.

3. Tomat
Jika dikonsumsi secara teratur, tomat akan membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat. Tomat kaya akan kalsium, magnesium,vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Nutrisi ini penting untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

4. Bawang putih
Satu siung bawan putih mentah dapat memberikan keajaiban yakni untuk mencegah pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah, serta dapat menghilangkan penyumbatan pada jantung. Bawang juga merupakan obat alami dalam menahan efek buruk yang disebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga membantu dalam menghilangkan sumbatan di jantung. Manfaat paling baik dari bawang putih untuk kepentingan ini yaitu mengkonsumsinya waktu masih dalam kondisi fresh.

5. Gandum
Gantilah sarapan kamu dengan roti yang terbuat dari gandum murni. Gandum merupakan sahabat untuk penderita hipertensi. Jika dikonsumsi secara rutin, gandum merupakan makanan penurun darah tinggi yang sangat efektif.

6. Biji bunga matahari 
Biji bunga matahari merupakan sumber besar magnesium. Ini merupakan cemilan super untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. 

7. Minyak Zaitun
Minyak Zaitun mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah Anda. Saat ini telah ditemukan senyawa zaitun hydroxytyrosol yang berasal dari air perasan buah zaitun saat diolah menjadi minyak zaitun. Zaitun hydroxytyrosol ini ternyata merupakan senyawa superantioksidan paling baik untuk menjaga kesehatan jantung.

8. Kentang putih
Kentang putih kaya akan magnesium dan potasium, dua nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Ketika kalium rendah, tubuh mempertahankan natrium tambahan (dan terlalu banyak sodium meningkatkan tekanan darah). Di sisi lain, ketika Anda makan diet kaya kalium, tubuh menjadi lebih efisien dalam menyingkirkan kelebihan natrium. Seperti kalium, magnesium juga merupakan kunci dalam mempromosikan aliran darah yang sehat. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan yang sehat dari kedua mineral dapat membantu menjaga tekanan darah tinggi terus berada di ambang normal.

9. Kedelai
Kedelai adalah sumber lain yang sangat baik dari kalium dan magnesium. Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi produk susu olahan dari kedelai atau mengkonsumsi kedelai yang dimasak. Karena keduanya sangat baik untuk menurunkan darah tinggi.

10. Makanan yang kurang asin dan kurang pedas
Makanan yang asin-asin harus dihindari ketika kamu sedang mengalami darah tinggi. Yodium merupakan elemen yang menyebakanpeningkatan tekanan darah di arteri. Natrium adalah bahan utama dari garam dan sangat disaran mengkonsumsi makan yang kurang asin untuk menurunkan tekanan darah. Makanan pedas juga dapat menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

11. Buah-buahan
Buah-buahan segar seperti alpukat, tomat, zaitun dan  mengkudu, mengandung banyak sekali nutrisi, baik vitamin dan mineral untuk melawan tekanan darah tinggi. Sedangkan pisang merupakan sumber kalium, jadi juga termasuk pilihan yang tepat juga untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda.
Selain dengan menu makanan penurun darah tinggi di atas, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan cairan tubuh, yakni dengan minum air putih yang cukup minimal 8 gelas sehari.

Semoga dengan menerapkan diet sehat di atas, Anda dapat terbebas dari penyakit darah tinggi dan penyakit komplikasi lainnya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :