Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Kolesterol

kolesterol
Menurut wikipedia Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon. Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.

Kolesterol adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, khususnya dalam hal asupan makanan ke dalam tubuh yang tidak sehat. Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Tersumbatnya kolesterol di pembuluh darah pada arteri dapat mengakibatkan tergangungnya kerja organ-organ tubuh lainnya. Contohnya yaitu dapat mengakibatkan rasa mual yang berkelanjutan, rasa pegal di sekujur badan atau bahkan Anda akan merasa sangat pusing.  Bahkan, karena adanya penumpukan kolesterol jahat ini pada tubuh kita dapat menimbulkan penyakit stroke dan dapat pula menimbulkan serangan jantung koroner  yang mana kedua penyakit tersebut dapat berakibat kematian kepada penderitannya.
Kebanyakan orang akan membayangkan sesuatu yang negatif ketika mendegar kata kolesterol. Padahal sebenarnya kolesterol juga dibutuhkan oleh manusia yakni untuk membangun dinding sel dan membuat hormon. Kolesterol juga merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan asam empedu, hormon steroid dan vitamin D. Namun kolesterol tetap tidak boleh berlebihan jumlahnya di dalam tubuh karena dapat memacu penyakit lain seperti darah tinggi, jantung, stroke, batu empedu dll.

Seperti sampah yang menyumbat dalam pipa air sehingga membuat air mampet tidak keluar, penumpukan kolesterol akan menyempitkan pembuluh darah dan membuat darah sulit mengalir melalui pembuluh darah. Hal ini mengurangi jumlah darah yang sampai ke jaringan tubuh Anda, termasuk jantung. Hal ini dapat menyebabkan masalah serius, termasuk serangan jantung dan stroke. Nilai normal kadar kolesterol di dalam tubuh adalah <200mg/dl untuk kolesterol total, <100mg/dl untuk kadar LDL (jenis yang dapat menyumbat arteri Anda jika berlebihan), dan >50mg/dl untuk kadar HDL (jenis yang membantu membersihkan lemak dari darah Anda). Anda harus menjaga HDL Anda tetap tinggi, karena berkaitan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Jika kadar kolesterol tidak sesuai dengan batas normal, inilah yang sering disebut dengan penyakit kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi tidak membuat Anda merasa sakit. Pada saat Anda tahu bahwa kadar kolesterol Anda tingi, saat itu mungkin kolesterol sudah membuat arteri Anda sempit.

Sebenarnya 70 persen kadar kolesterol dipengaruhi oleh enzim tubuh di hati, tetapi lemak jenuh berantai panjang akan memperburuk kadar kolesterol dan terutama lemak trans yang berantai menengah, tetapi bersifat stabil, tidak mudah/dapat memecah menjadi rantai pendek. Oleh karena itu di beberapa Negara Bagian di AS, makanan ringan (snack) dan juga restoran cepat saji, harus mencantumkan Kalori Total, Kalori dari Lemak dan juga Kadar TransFat.

Kini telah diketahui Kadar TransFat ternyata jauh lebih berbahaya daripada Kadar Kolestrol Jenuh, oleh karena itu sekarang Amerika Serikat mulai menggunakan Minyak Sawit (bukan minyak kelapa atau minyak kacang tanah), karena bebas TransFat.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Kolesterol di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :