Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Tanaman Tumbuhan Suruhan

Tanaman Tumbuhan Suruhan
Tanaman Tumbuhan Suruhan - TUMBUHAN SURUHAN (Peperomia pellucida, (L) Kunth) dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini banyak ditemui di negara-negara Asia dan Amerika Selatan, tumbuh berkelompok, liar, pada kondisi tanah lembab. Tanaman biasanya tumbuh hingga ketinggian sekitar 15 ampai 45 cm dan ditandai oleh batang sukulen, mengkilap, daun berbentuk hati, berdaging dan kecil. Tumbuhan suruhan lebih banyak tumbuh liar saja dan bukan tanaman hias atau dibudidaya, herba yang tumbuh tegak dan akar yang berbentuk serabut halus ini  memiliki batang setinggi 20-30 cm, berair, bercabang bulat, tebal dan berwarna hijau keputih-putihan.

Tanaman ini memiliki bunga tersusun rapi dalam rangkain berbentuk bulir yang panjangnya 1-6 cm warnanya hijau terdapat diujung tangkai dan ketiak daun, berbuah pula bentuk bulat, ujungnya runcing dan sangat kecil.
bunga tanaman ini berbentuk bujur dan berwarna hijau ketika muda dan akan kecoklatab pada saat matang dan akan menghasilkan minyak sari jika dimasak.

Suruhan sering juga dinamakan saladaan, rangu-rangu, sladanan, tumpangan air, gofu goroho. Tanaman ini tumbuh liar di pekarangan, areal persawahan, dan terkadang pada dinding yang lembab. Suruhan yang dianggap rumput oleh kebanyak orang ternyata kaya akan kandungan kimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Suruhan mengandung zat kimia seperti alkaliod, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak asiri. Tanaman ini bersifat sejuk dan pedas. Sebagai antiradang (antiinflamasi) dan meredakan sakit (analgetik). Tanaman suruhan mempunyai banyak manfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit ginjal, sakit kepala saat demam, sakit perut, luka bakar, bisul, jerawat, abses, radang kulit.

Adapun cara pembudidayaannnya adalah sebagai berikut :
Perbanyakan tanaman dengan biji. Pemeliharaan tanaman ini mudah antara lain membutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembapan tanah dan pemupukan, terutama pupuk dasar, suruhan menghendaki tempat yang cukup matahari dan sedikit terlindung.

Nama Lain
Nama daerah : Salada (Sunda), rangu-rangu, sladanan, suruhan (Jawa), tumpang air (Sumatra, Jakarta), gofu goroho (Ternate).
Nama asing : Ulasiman bato (Filipina), cao hu jiao (Cina), cang cua (Vietnam), pak krasang (Thailand), suna-kusho (Jepang).

Klasifikasi Tumbuhan Suruhan
Klasifikasi tumbuhan suruhan adalah sebagai berikut:
Kingdom         : Plantae
Sub kingdom   : Traceobionta
Super division  : Spermatophyta
Divisio             : Magnoliaphyta
Class               : Magnoliopsida
Sub class         : Magnolidae
Ordo               : Piperales
Genus              : Peperomis Rulz & Pavon
Spesis              : Peperomia pullisida (L.) Kunth

Deskripsi Tumbuhan Suruhan
1.  Batang : Tegak atau menggantung,lunak,beruas, bulat coklat kemerahan
2. Daun : Tunggal, lonjong tebal, ujung dan pangkal tumpul tapi rata, Pertulangan menyirip, panjang kurang lebih 7 cm, hijau kekuningan.
3. Bunga : Majemuk, bentuk bulir, tanpa perhiasan bunga, berkelamin dua, benaograsi banyak, kepala putik tiga, hijau.
4. Buah : Buni, bulat kecil, hijau.
5. Biji : Kecil, Keras coklat.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Tanaman Tumbuhan Suruhan di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :