Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Mengobati Asam Lambung Secara Alami - Asam lambung memang sangat menyiksa, naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan dapat menyebabkan rasa nyeri di dada yang sangat tidak nyaman. Untuk bisa mengatasinya tidak harus menggunakan obat, karena hal ini bisa di atasi dengan cara lain.

Sebenarnya obat asam lambung banyak di jual di mana-mana, baik itu secara online maupun di toko-toko biasa. Tapi jika ingin mengobatinya secara alami, mungkin bisa mengikuti beberapa alternatif berikut untuk mengatasi serta mencegah asam lambung tinggi, seperti:
  • Daun wortel dan daun seledri bisa membantu mengendalikan sekeresi asam lambung berlebih. Selain itu, seledri juga mengandung magnesium dan juga zat besi. Sayuran seperti wortel dan umbi bit juga baik untuk menurunkan asam lambung.
  • Bumbu seperti jintan hitam, ketumbar dan kapulaga juga bisa diambil untuk membantu mengobati asam lambung tinggi.
  • Lidah Buaya. Menurut Victor Sierpina MD from University of Texas Medical Branch, Lidah buaya mampu meredakan inflamasi di kerongkongan sebagaimana halnya di lambung. Dia menyarankan meminum Jus lidah buaya sebanyak 1/2 gelas sebelum makan bagi yang sering mengalami asam lambung. Tapi jus ini dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.
  • Segelas susu dingin juga bisa membantu. Kacang Almond juga merupakan obat yang baik untuk menghilangkan sakit maag dan asam lambung.
  • Permen Karet. Sebuah penelitian di Journal of Dental Research menyatakan bahwa mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan ternyata bisa mengurangi keluhan asam lambung. Menurut Rebecca Moazzez DPhil from King’s College London selaku pimpinan peneliti tersebut mengatakan “Mengunyah peremen karet mampu melaju pelepasan air liur, Asam yang terakumulasi diperut bakal tercuci dan bersih dengan lebih cepat, Asam hilang maka gejala asam lambung akan berkurang.
  • Ambil beberapa lembar daun mint, potong-potong lalu rebus dengan secangkir air dan minum secara perlahan setelah makan.
  • Pisang memang sangat banyak manfaatnya, dan salah satunya mampu mengatasi asam lambung. Buah ini mampu menjadi antasida alami yaitu dengna cara melapisi dinding perut dan saluran cerna agar tidak teriritasi oleh asam lambung. Makan pisang juga bisa membantu mencegah gejala asam lambung tinggi. Tapi ada beberapa kasus pisang justru dapat memperburuk. Karena tidak semua gangguan asam lambung cocok diobati oleh pisang, jika sobat mencoba dan ternyata gagal sebaiknya tidak usah diteruskan cari cara lain saja.
  • Daun basil atau kemangi juga bisa membantu meredakan gejala seperti perut terasa panas, mual, dan gas.
  • Jahe. Jahe memang dapat menyembuhkan Asam lambung, tapi perlu dicermati, Sobat harus berhati-hati karena hanya jika dikonsumsi dengan takaran yang pas. Jika melebihi 2-4 gram sehari justru memperburuk nyeri akibat asam lambung. Sebenarnya belum banyak penelitian mengenai manfaat dari jahe bagi asam lambung. Tapi pengalaman empiris secara turun temurun mampu membuktikannya. paling aman cukup gunakan jahe tersebut sebagai bumbu masak pada makanan yang beresiko meningkatkan asam lambung. 
  • Makan mentimun atau buah semangka juga berguna untuk mengatasi keasaman lambung. Disarankan untuk minum 10-12 gelas air setiap hari, karena Air minum secara langsung meredakan gejala seperti gas dan keasaman lambung. Minumlah 1-2 gelas air hangat setiap pagi untuk mengurangi sekresi asam lambung.
  • Makan-makanan yang beraneka ragam, seperti buah-buahan, sayuran, sereal gandum, serta protein seperti daging tanpa lemak, dan telur.
  • Jahe sangat baik untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan. Buatlah campuran yang terdiri dari bubuk jahe, lada hitam, daun mint kering, biji adas, biji ketumbar, jintan, dan garam yang dihaluskan. Masukkan sekitar 1 sendok teh bubuk ini dengan segelas air hangat, dan minum sebanyak dua kali sehari setelah makan.
  • Baking Soda. Baking soda memiliki manfaat untuk menetralisir asam lambung. Sifat basa pada Baking soda membuatnya mampu membantu menetralisir asam lambung, hal ini menurut Jacqueline Wolf, MD, ahli kesehatan dari Harvard Medical School. Berdasarkan rekomendasi dari Wolf adalah campurkan 1/2 hingga 1 sendok teh baking soda ke segelas air, lalu diminum. tapi jika asam lambung naiknya terlalu sering, cari cara lain karena baking soda ini mengandung garam yang berefek samping mual dan muntah.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Mengobati Asam Lambung Secara Alami di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :