Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Ramuan Herbal Purwoceng

Ramuan Herbal Purwoceng
Ramuan Herbal Purwoceng - Purwoceng banyak ditemukan di pegunungan seperti di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Nama latin Purwaceng adalah Pimpinella pruatjan (alpina). Pertama kali ditemukan di pegunungan Alpen, Swiss dengan ketinggian 2000-3000 meter di atas permukaan laut.

Kandungan kimia berupa metabolit sekunder yang merupakan zat berkhasiat pada herbal purwoceng adalah kelompok saponin. Terdapat pula senyawa triterpenoid-steroid, sitosterol, dan stigmasterol yang merupakan komponen kimia utama dalam pembentukan testosterone serta mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan fertilitas spermatozoid. Selain itu, purwoceng juga mengandung kumarin yaitu senyawa bergapten dan iso bergapten yang berfungsi dalam meningkatkan stamina tubuh. Herbal purwoceng juga mengandung alkaloida, yaitu senyawa yang banyak digunakan dalam industri obat modern. Kandungan senyawa lainnya adalah flavonoid, glikosida, dan tanin.

Herbal purwoceng di samping  mengandung metabolit sekunder berupa zat berkhasiat, juga mengandung banyak mineral antara lain : Protein (20,62%), Fosfor (0,70%), Kalium (4,53%), Sulfur (0,52%), Kalium (1,90%), Magnesium (0,27%), Seng (79,83 ppm)    .

Berikut beberaca cara untuk meramu herbal purwoceng.
  • Ambil 8 lembar daun purwoceng dan 3 rimpang jahe merah, haluskan dengan blender atau manual, lalu saring dan minum airnya. Lakukan ini setiap malam menjelang tidur. 
  • Bahan-bahan :
       Porwoceng Pimpinela alpina       5 g
       Baru cina Artemisia vulgaris      20 g
       Jahe merah Zingiber officinale     5 g
       Kencur Kaempferia galanga       5 g
       Kuning telur ayam                      1 butir
       Madu                                        2 sendok makan
    Cara membuat :
    Bahan no 1 sampai 4 dikeringkan kemudian dicuci bersih. Lalu direbus dalam 300 cc air hingga mendidih. Kemudian angkat, saring, dan dinginkan. Sebelum diminum, dicampur dulu dengan kuning telur ayam dan madu. Ramuan diminum malam hari sebelum tidur.
  • Rebus 10 gram daun kering purwoceng ditambah 3 biji cengkih, 1/2 sendok teh garam, dan gula batu secukupnya, dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum setiap pagi dan malam, masing-masing 1 gelas.
  • Atau bisa juga dicampur dengan kopi diseduh dengan air panas, ditambah kuning telur bebek dan sedikit madu.
  • Ramuan purwoceng dalam bentuk serbuk cukup mudah dalam penyajian dan pemakaiannya. Ramuan cukup diseduh dalam air mendidih. Dosis pemakaian 7 gram dalam 300 cc air. Air seduhan bias ditambahkan madu, kuning telur ayam kampong yang masih mentah, dan sedikit jeruk nipis sebagai penyedap.
  • Ramuan bisa diminum tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore hari, masing-masing satu gelas.
  • Jika ramuan dalam bentuk simplisia kering harus direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Ramuan direbus dengan api kecil sampai mendidih. Alat perebus diusahakan berasal dari panci yang terbuat dari tanah, bukan dari bahan besi dan alumunium. Ramuan dimasak dengan air sebanyak tiga gelas. Setelah kira-kira tersisa 1 gelas, api dimatikan dan ramuan diangkat lalu didinginkan. Selanjutnya, saring dan tuangkan dalam gelas. Ramuan bias diminum tiga kali sehari.
  • Untuk kapsul purwoceng dapat dikonsumsi tiga kali sehari, masing-masing 2 kapsul.
Demikian ulasan tentang ramuan herbal purwoceng, silakan dipilih yang mudah. Semoga bermanfaat.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Ramuan Herbal Purwoceng di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :