Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Makanan yang Berkhasiat Menjaga Kesehatan Otak (Bag 2)

Makanan yang Berkhasiat Menjaga Kesehatan Otak (Bag 2)




Makanan yang Berkhasiat Menjaga Kesehatan Otak - Pada bagian 1 telah di bahas mengenai makanan yang berkhasiat menjaga kesehatan otak yaitu ikan laut, buah alpukat, Anggur, blueberry dan tomat. Sekarang kita lanjutkan membahas makanan lainnya yang brkhasiat menjaga ksehatan otak.

Telur

Telur sangat kaya akan kandungan kolin. Ketika kita makan telur, otak menggunakan kolin untuk membuat asetilkolin, sebuah neurotransmiter yang penting untuk menjaga memori dan komunikasi antar sel-sel otak. Telur juga mengandung DHA, asam lemak omega-3 yang membantu membentuk koneksi antar neuron di otak. Telur juga mengandung Vitamin B yang dapat membantu mencegah peradangan dan berperan dalam perkembangan sel otak baru.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang kenari, dan kedelai merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin E dan sangat bagus untuk otak. Vitamin E merupakan antioksidan yang mampu melindungi sel-sel saraf di otak dari kerusakan.
  • Almond kaya akan asam lemak omega-3 dan antioksidan. Antioksidan dapat meningkatkan sirkulasi darah di otak, yang memungkinkan otak untuk tetap fokus, waspada, dan berfungsi dengan baik.
  • Kacang kenari juga sangat kaya akan kandungan antioksidan, dan beberapa diantaranya bahkan lebih kuat daripada vitamin E. Salah satu antioksidan yang banyak terkandung dalam kacang kenari adalah asam ellagic, yang membantu melindungi otak dari kerusakan radikal bebas. Kenari juga merupakan sumber asam alfa-linolenat, jenis omega-3 lemak yang digunakan tubuh untuk membuat DHA.
  • Sementara kedelai, selain kaya vitamin E, juga mengandung protein yang dapat memicu kerja neurotransmiter yang berkaitan dengan memori otak. Kedelai juga banyak mengandung L-Tirosin, yaitu asam amino otak yang digunakan untuk memproduksi bahan kimia yang bertanggung jawab untuk menjaga kewaspadaan mental dan memori otak. Sumber makanan lainnya yang mengandung L-Tirosin adalah kacang almond, ikan, telur, susu, dan produk olahan susu.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti beras merah, oat, gandum juga merupakan makanan yang bermanfaat untuk otak. Biji-bijian dapat membantu meningkatkan aliran darah sehingga pasokan oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Biji-bijian juga merupakan sumber karbohidrat yang mampu memberikan energi untuk otak.

Beras Merah

Beras merah sangat kaya akan kandungan vitamin B, seperti niacin, tiamin, inositol, dan riboflavin yang juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak. Riboflavin dapat membantu menghasilkan energi bagi sel-sel otak.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kubis, merupakan sumber Vitamin E dan folat yang baik dan berguna bagi kesehatan otak. Folat membantu menjaga kesehatan peredaran darah dengan cara mencegah penumpukan plak. Folat, juga disebut metil, yang berperan dalam membentuk neurotransmiter yang dibutuhkan untuk proses berpikir dan belajar. Selain itu, folat juga berguna untuk melindungi DNA dalam neuron dari kerusakan. Folat juga mampu menurunkan kadar asam amino homosistein dalam darah. Kadar homosistein yang tinggi dapat memicu kematian sel-sel saraf otak.

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis kaya akan antioksidan vitamin C dan karotenoid yang mampu melindungi sel-sel di otak. Sayur-sayuran tersebut juga banyak mengandung kolin yang juga baik bagi otak. Kolin mampu meningkatkan fungsi kognitif otak, memori, kemampuan belajar, dan mengurangi tanda-tanda penuaan sel otak seperti mudah lupa (pikun).

Teh Hijau, Coklat, dan Kopi

Teh, khususnya teh hijau mengandung antioksidan yang sangat kuat yaitu katekin, yang kekuatannya bisa 25-100 kali kekuatan vitamin C dan E. Teh juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan kekuatan otak dengan memperbaiki fokus, suasana hati dan memori. Teh mengandung kafein (tapi tak sebanyak kafein dalam kopi), namun mampu memberikan efek positif pada kerja otak. Teh juga mengandung asam amino L-theanine yang dapat bekerja secara sinergis dengan kafein untuk meningkatkan fungsi otak. Banyak laporan yang menyebutkan bahwa orang yang minum teh hijau memiliki energi yang lebih stabil dan menjadi jauh lebih produktif.
 
Coklat kaya akan flavonoid, antioksidan yang bermanfaat bagi otak. Coklat juga mengandung stimulan alami, termasuk kafein yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Sementara kopi, selain mengandung kafein yang dapat meningkatkan konsentrasi, kopi juga berkhasiat untuk memberikan sinyal listrik ke bagian aktif otak sehingga mampu memperkuat sinaps di otak yang terkait dengan kemampuan belajar dan memori spasial.

Air

Tak hanya makanan, otak juga memerlukan cukup air karena air sangatlah penting untuk menunjang proses dan fungsi penting di dalam tubuh, termasuk otak. Oleh karena itu, jagalah kecukupan air bagi tubuh, dengan banyak minum air putih (dianjurkan 8 gelas per hari).

Disamping mengonsumsi makanan-makanan yang bisa meningkatkan kemampuan otak, kita juga perlu memberikan stimulasi pada otak. Otak manusia memiliki kemampuan yang mengagumkan untuk selalu beradaptasi dan berubah, bahkan sampai usia tua. Kemampuan tersebut dikenal dengan istilah neuroplastisitas. Kemampuan neuroplastisitas sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang diberikan pada otak. Bila stimulasi yang diberikan pada otak sedikit, maka kemampuan dan fungsi otak akan menurun. Namun, bila kita memberikan stimulasi yang tepat pada otak, maka otak akan mengubah koneksi sel saraf yang ada dan membentuk jalur saraf yang baru, sehingga fungsi dan kemampuannya meningkat. Bentuk stimulasi yang bisa kita berikan pada otak diantaranya adalah membaca buku, menulis, atau melakukan berbagai permainan asah otak, seperti teka-teki silang, catur, sudoku, dan lain-lain.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Makanan yang Berkhasiat Menjaga Kesehatan Otak (Bag 2) di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :