Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Makanan yang Berkhasiat Menjaga Kesehatan Otak (Bag 1)

Makanan yang Berkhasiat Menjaga Kesehatan Otak

Makanan yang Berkhasiat Menjaga Kesehatan Otak - Kemampuan dan fungsi otak manusia akan menurun bila tidak dijaga kesehatannya. Stres, rokok, zat-zat kimia tertentu merupakan beberapa hal yang dapat merusak kesehatan otak. Agar kemampuan dan kesehatan otak tetap terjaga, kita perlu menghindari hal-hal yang bisa merusak otak, seperti stress, rokok, dan zat-zat kimia tertentu tadi. Selain itu, kita juga harus menjaga makanan-makanan yang kita konsumsi. Sedapat mungkin hindari makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya karena bisa merusak dan menurunkan fungsi otak. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi makanan-makanan yang dapat menjaga dan meningkatkan kemampuan otak.

Sama seperti tubuh, otak juga memerlukan bahan bakar untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Bahan bakar tersebut diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ada beberapa makanan yang memiliki manfaat dan khasiat untuk meningkatkan kemampuan dan kesehatan otak. Apa saja makanan tersebut?

Ikan Laut

Ikan laut banyak mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk otak. Asam lemak omega 3, khususnya asam docosahexaenoic (DHA) sangat diperlukan otak untuk menjaga kemampuan dan fungsi otak agar dapat bekerja dengan baik. Hampir 40% asam lemak yang ada di membran sel otak merupakan DHA yang sangat diperlukan untuk transmisi sinyal antar sel-sel saraf.

Omega 3 merupakan bagian dari lemak tak jenuh ganda rantai panjang. Omega-3 dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, kewaspadaan, memori (daya ingat), dan mengurangi risiko degenerasi mental. Asam lemak omega 3 ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga asupannya perlu didapat dari makanan. Beberapa contoh makanan yang kaya akan omega 3 diantaranya adalah ikan laut seperti salmon, sarden, tuna, makarel, dan minyak ikan.

Selain dapat meningkatkan kemampuan otak, makan ikan juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer, yaitu penyakit kerusakan sel saraf otak yang menyebabkan menurunnya daya ingat (memori) dan kemampuan berpikir. Anda dapat mengonsumsi ikan setidaknya 3 kali dalam seminggu. Para peneliti di Tufts University menemukan bahwa makan ikan 3 kali seminggu dapat mengurangi risiko Alzheimer sampai 39%.

Buah Alpukat

Buah alpukat banyak mengandung lemak yang baik untuk otak. Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh ganda (omega 3) yang sangat baik untuk otak. Alpukat juga tinggi kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, yaitu asam oleat yang merupakan lemak baik yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di otak. Bila peredaran darah di otak lancar, maka pasokan oksigen ke otak juga akan lancar, sehingga daya konsentrasi dan kemampuan berpikir akan meningkat. Asam oleat juga berperan dalam membantu pembentukan lapisan myelin otak. Myelin membantu transfer informasi di otak dengan kecepatan hingga 200 mil per jam. Tanpa myelin, maka transfer informasi di otak akan berjalan lambat.

Selain itu, buah alpukat juga banyak mengandung kalium yang mampu menjaga tekanan darah normal. Kandungan kalium dalam buah alpukat kurang lebih 40% lebih banyak daripada kandungan kalium dalam buah pisang. Karena tinggi kalium, alpukat dapat mencegah terjadinya hipertensi (tekanan darah tinggi), dimana hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penyebab terjadinya penurunan kemampuan kognitif otak.

Alpukat juga mengandung Vitamin E yang juga penting bagi otak. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya penurunan daya ingat (memori) otak. Sebuah jurnal internasional berjudul Alzheimer’s Disease and Associated Disorders melaporkan bahwa dosis tinggi vitamin E dapat menetralisir radikal bebas untuk memulihkan hilangnya memori pada penderita Alzheimer. Pada penderita Alzheimer, sel-sel saraf otaknya mengalami kerusakan dan mati, sehingga fungsi kognitif otak terganggu. Vitamin E mampu meringankan gejala Alzheimer pada tahap awal dan menghambat perkembangan penyakit tersebut.

Buah Anggur

Buah anggur merah, ungu, maupun anggur hitam mengandung quercetin dan antosianin. Senyawa-senyawa tersebut dikenal mampu membantu menjaga dan meningkatkan memori otak.

Buah Blueberry

Buah blueberry termasuk buah yang kaya antioksidan khususnya antosianin yang sangat bagus untuk otak. Antioksidan dalam buah blueberi tersebut mampu meningkatkan daya ingat (memori), kemampuan kognitif dan memperkuat hubungan antar sel-sel saraf di otak. Blueberi juga dapat membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan menurunkan resiko penyakit Alzheimer dan Demensia.

Tomat

Tomat kaya akan antioksidan likopen yang membantu melindungi dan melawan kerusakan sel akibat radikal bebas yang banyak terjadi pada pasien penderita Alzheimer dan Demensia.

(*bersambung)
Terima kasih telah membaca artikel tentang Makanan yang Berkhasiat Menjaga Kesehatan Otak (Bag 1) di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :