Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Singkong dan Khasiatnya


Singkong dan khasiatnya

Singkong merupakan umbi-umbian yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Singkong memiliki beberapa nama yaitu ketela pohon atau umbi kayu. Singkong juga dikenal sebagai alternatif makanan pokok sumber karbohidrat selain dari beras. Daun singkong biasanya dijadikan sayuran ataupun lalapan. Selain sebagai sumber karbohidrat, singkong juga memilki kandungan serat yang tinggi.

Singkong acap kali dapat dijumpai dalam olahan keripik, yaitu keripik singkong.Namun ada juga beberapa daerah yang menjadikannya makanan sehari-hari.

Kandungan Singkong

Singkong mengandung lemak, hidrat arang, kalori, protein, kalsium, zat bessi, fosfor, zat besi dan aneka vitamin yang menjadikan khasiat singkong yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Singkong juga dapat bertindak sebagai anti oksidan, antikanker, dan antitumor.

Sumber Serat

Singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida serta menjadi sumber serat yang bagus. Hal itu membuat singkong dapat menurunkan risiko penyakit stroke, jantung, kanker usus besar serta membantu mengendalikan diabetes. manfaat singkong ini didapatkan dengan cara kukus atau rebus.

Sumber Karbohidrat

Singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat lebih banyak dibandingkan kentang. Jadi tidak salah bila singkong menjadi salah satu makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Di dalam 100 gram singkong, terkandung 160 kalori, yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

Protein Tinggi

Singkong lebih rendah lemak bila dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Namun, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan kentang dan pisang.

Vitamin K

Singkong mengandung vitamin K yang berfungsi dalam membangun masa tulang. Vitamin K juga dapat melindungi dan berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

Vitamin B kompleks

Tanaman yang satu ini juga merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Riboflavin dapat membantu dalam pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

Mineral penting

Singkong juga merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh, antara lain magnesium, seng, tembaga, besi, dan juga mangan. Selain itu, Jumlah kalium pada singkong bermanfaat sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh serta mengatur tekanan darah. Berdasarkan penelitian yang dilansir Affleap  manfaat singkong sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah.

Singkong dan khasiatnya

Khasiat Singkong Bagi Kesehatan

Berikut beberapa khasiat dari tanaman singkong bagi kesehatan manusia.

Melancarkan pencernaan

Kandungan Insoluble Fiber atau Serat pada singkong tidak larut dalam Air. Serat jenis ini membantu memperlancar proses buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan menjadi sehat.

Mencegah Sakit Anemia

Khasiat singkong dapat mengurangi gejala anemia, karena singkong merupakan sumber vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folat, thiamin, piridoksin, riboflavin dan asam pantotenat.
Riboflavin sangat berperan dalam tubuh untuk memperoduksi sel darah merah sehingga dapat mengurangi anmeia.

Menstabilkan Tekanan Darah

Khasiat singkong sangat baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini disebapkan jumlah kalsium yang cukup tinggi dalam singkong bertindak sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh dan juga dapat mengatur tekanan darah.

Mengurangi Risiko Tulang Keropos/Osteoporosis

Khasiat singkong dapat menurunkan resiko terjadinya pengeroposan tulang/ osteoporosis. Hal ini berlangsung karena singkong memiliki kandungan vitamin K yang sangat berguna untuk membangun massa tulang, menjadikan kita bebas tulang keropos.

Pencernaan

Singkong banyak mengandung insoluble fiber atau serat yang tidak larut dalam air.
Serat ini berfungsi untuk melancarkan proses buang air besar dan juga mampu menyerap dan membuang toksin dalam usus, membuat pencernaan menjadi sehat.

Sakit Alzheimer

Khasiat singkong dapat membantu percepatan pengobatan Alzheimer. Hal ini disebapkan karena kandungan vitamin K dalam singkong sangat penting untuk membatasi kerusakan saraf otak, sehingga dapat membantu pengobatan Alzheimer.

Selain hal diatas, singkong juga berkhasiat untuk penyembuhan penyakit rematik, menghilangkan sakit kepala, menambah stamina tubuh, dan sebagai obat cacingan.

Semoga Bermanfaat!
Terima kasih telah membaca artikel tentang Singkong dan Khasiatnya di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :