Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Efek Samping Ginkgo Biloba

Efek Samping Ginkgo Biloba
Efek Samping Ginkgo Biloba - Pada artikel sebelumnya telah kita bahas tentang banyak manfaat ginkgo biloba. Namun, di luar manfaat ginkgo biloba yang telah banyak dipercaya oleh masyarakat di dunia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan efek samping atau bahkan resiko yang mungkin ditimbulkan oleh tanaman yang satu ini.

Ekstrak daun ginkgo aman digunakan selama dalam dosis yang benar. Beberapa efek samping yang dapat terjadi adalah ringan seperti sakit perut, sakit kepala, pusing, sembelit, detak jantung kuat, dan reaksi alergi pada kulit. Konsumsi ginkgo yang berlebihan dan melebihi dosis yang ditentukan dapat meningkatkan resiko kanker hati dan tiroid berdasarkan percobaan terhadap hewan. Sedangkan buah dan bubuk kayu ginkgo dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit yang parah dan iritasi pada membran mukosa. Beberapa keadaan yang disarankan untuk tidak mengkonsumsi ginkgo karena efek samping yang fatal, diantaranya:
  • Kehamilan dan Menyusui
    Ginkgo mungkin tidak aman bila digunakan selama kehamilan dan menyebabkan prematur atau perdarahan ekstra melahirkan. Tidak cukup diketahui tentang keamanan menggunakan ginkgo selama menyusui, namun bagi yang menyusui disarankan pula untuk tidak mengkonsumsi ginkgo.
  • Anak-anak: ekstrak daun Ginkgo adalah aman
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi tertentu dari ekstrak daun ginkgo ditambah ginseng aman pada anak-anak bila digunakan jangka pendek dan dosis yang dibatasi.
  • Diabetes
    Ginkgo dapat mengganggu pengendalian diabetes.
  • Kejang
    Ada kekhawatiran bahwa ginkgo dapat menyebabkan kejang. Jika Anda pernah mengalami kejang, disarankan untuk tidak menggunakan ginkgo.
  • Gangguan perdarahan
    Ginkgo dapat membuat gangguan perdarahan parah. Jika Anda memiliki gangguan perdarahan, disarankan tidak menggunakan ginkgo.
  • Bedah
    Ginkgo bisa memperlambat pembekuan darah. Ini dapat menyebabkan perdarahan tambahan selama dan setelah operasi. Berhenti menggunakan ginkgo minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.

Berikut adalah beberapa efek samping yang lain yang mungkin timbul berkaitan dengan penggunaan ginkgo biloba.
  1. Bahaya kontak langsung
    Biji dan buah ginkgo biloba harus dihindari karena bersifat racun. Reaksi keracunan yang pernah dilaporkan meliputi kemerahan, gatal, dan pembengkakan pada kulit.
  2. Perdarahan
    Ginkgo biloba sering digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah. Namun dalam kasus khusus, ginkgo bisa menyebabkan perdarahan susah berhenti karena menghambat aksi pembekuan darah.
  3. Kontaminasi produk
    Pembuatan suplemen ginkgo biloba yang tidak mengindahkan ketentuan berpotensi menyebabkan produk terkontaminasi dengan zat lain atau bahkan racun yang bisa membahayakan kesehatan.
  4. Reaksi alergi
    Suplemen ginkgo biloba dibuat dari ekstrak pohon ginkgo. Individu dengan alergi terhadap tanaman harus menghindari mengonsumsi suplemen ginkgo karena berpotensi memicu reaksi yang merugikan.
  5. Efek samping lain
    Efek samping lain yang terkait dengan penggunaan ginkgo biloba antara lain kesulitan bernafas, pembengkakan wajah, bibir, atau lidah, gatal-gatal, denyut jantung tidak teratur, kram, kejang otot, dan kehilangan kesadaran.
  6. Ginkgo dan obat lainnya
    Hati-hati saat mengambil supleman ginkgo biloba dengan obat-obatan lain. Konsultasikan dengan dokter untuk mencegah terjadinya reaksi interaksi obat yang tidak diinginkan.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Efek Samping Ginkgo Biloba di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :