Copyright (c) 2013 carasehatalaherbal.blogspot.com - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Perilaku Yang Menghambat Proses Metabolisme Tubuh

Perilaku Yang Menghambat Proses Metabolisme Tubuh

Sudah berolahraga dan mengatur pola makan sebaik mungkin tapi masih saja kalori tidak terbakar dan tidak kunjung turun berat badan? Coba tengok kebiasaan Anda sehari-hari. Lauren Slayton, M.S., R.D., penulis The Little Book Of Thin menjelaskan bahwa metabolisme yang mungkin kurang baik bisa memperlambat pembakaran kalori dengan sempurna. 

Seperti dirangkum detikHealth, Minggu (28/7/2014) inilah kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari justru menghambat proses metabolisme dalam tubuh.

Tidak minum cukup air
Tubuh anda membutuhkan banyak cairan untuk mengendalikan semua fungsi organ. Ketika semua organ tubuh tidak bekerja dengan baik, otomatis kalori tidak terbakar dengan sempurna.
Perlu diingat, semakin banyak kalori dibakar tubuh, semakin banyak pula kebutuhan air yang diperlukan. Namun, air dengan perasan lemon atau teh hangat tidak akan dapat membakar sesempurna air putih.

Kekurangan vitamin D
"Kekurangan vitamin D akan menghambat penurunan berat badan dan justru meningkatkan hormon ghrelin yang membuat Anda semakin mudah lapar," tutur Slayton.
Sulitnya mendapatkan vitamin D karena Anda tengah diet dapat digantikan dengan asupan suplemen. Sebaiknya, vitamin D dikonsumsi ketika malam hari sebelum tidur guna mengurangi berat badan Anda.
 
Ngemil di malam hari
Bukan rahasia jika makan tidak teratur akan memperlambat metabolisme dalam tubuh. Penelitian juga menunjukan beberapa jam sebelum Anda tidur sebaiknya Anda tidak makan apapun. Sebab, tubuh harus bebas makanan selama 12 jam sehari. Metabolisme akan kacau bila sering ngemil di malam hari.
 
Menghentikan asupan kafein
Kafein memang buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Namun sebetulnya kafein membantu tubuh lebih mudah untuk membakar kalori. Tidak dianjurkan untuk mulai rajin mengasup kafein, namun bila Anda sudah terbiasa meminum teh hijau atau kopi setiap hari, sebaiknya jangan dihentikan. Minuman itu justru membantu meningkatkan metabolisme tubuh.
 
Kurang tidur
Orang yang mengalami kesulitan tidur lebih mudah menjadi gemuk daripada mereka yang dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Penelitian menunjukan hormon nafsu makan Anda meningkat saat Anda kurang tidur atau begadang.
Kondisi tak bisa tidur atau begadang otomatis akan membuat Anda makan lebih banyak. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidur paling tidak 7 jam sehari.
 
Terlalu banyak konsumsi makanan kemasan
"Bila Anda merasa sudah makan dengan benar, cobalah melihat kembali apa yang sudah Anda makan. Lihat dari mana asal makanan dan bagaimana bungkusnya," tutur Slayton.
Beberapa bahan kimia dalam plastik dan pestisida dapat membentuk senyawa endokrin disebut obesogen. Senyawa ini dapat membuat Anda lebih mudah meningkatkan berat badan.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Perilaku Yang Menghambat Proses Metabolisme Tubuh di blog Sehat dengan Herbal jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :